Hasil Uji Lab Warna Air Hijau Masjid Al Mubarok

Jamaah masjid Al Mubarok sempat geger karena air yang mengalir dari kran tempat ibadah itu berwarna hijau terang seperti sirup. Tetapi hari ini, Kamis (5/3/2020), keadaan air kembali seperti semula. Bak air yang sempat berwarna hijau pekat itu pun kini ke

Kamis, 05 Maret 2020 | 16:45 WIB - Kesehatan
Penulis: red . Editor: Ririn

KUASAKATA.COM, pekalongan. Jamaah masjid Al Mubarok,  Kabupaten pekalongan, sempat geger karena air yang mengalir dari kran tempat ibadah itu berwarna hijau terang seperti sirup. Tetapi hari ini, Kamis (5/3/2020), keadaan air kembali seperti semula. Bak air yang sempat berwarna hijau pekat itu pun kini kembali normal.

“Kalau air yang keluar dari kran, sudah tidak hijau lagi sejak kemarin-kemarin. Kita juga telah menguras beberapa kali bak penampungan air agar jernih kembali,” tutur Muhamad Rofii, pengurus Masjid Al Mubarok.

Rofii menjelaskan bahwa dirinya dan beberapa warga telah menguras bak tersebut berulang kali hingga jernih kembali. Sumur sebagai sumber air di sana pun telah diperiksa. Namun tidak ditemukan sesuatu yang mencurigakan di sana. “Ya kalau ada orang yang sengaja membuka sumur dan memasukkan sesuatu ke sumur, pasti ketahuan. Lha itu dhuhur dan asar, saya wudu masih bersih, kok, “ tambahnya.

Sementara itu, dr. Chamim, Kepala Puskesmas Wonopringgo, Kabupaten pekalongan, menyatakan bahwa hasil uji laboratorium air tersebut telah keluar. Hasilnya negatif, air sumur masjid Al Mubarok masih aman. Chamim menambahkan bahwa sampel air tersebut diambil sebanyak 2 kali. Pertama, saat air dalam kondisi berwarna hijau pekat. Kedua, pada saat air berwarna lebih cerah seperti sirup. “Hasil laborat ada dua sampel, saat malam kita ambil dan paginya juga kita ambil. Hasilnya sama-sama aman seperti biasa,” ungkap Chamim pada Kamis (5/3/2020).

Meski demikian, Chamim memberikan catatan bahwa uji laboratorium tersebut dilakukan hanya secara kimia dan fisika. Pihak terkait belum melakukan tes ke uji bakteriologi. Terutama terkait warna hijau dari air.

Chamim memberi catatan bahwa uji laboratorium tersebut hanya dilakukan dengan pengujian kimia dan fisika. Pihaknya belum melakukan tes hingga ke uji bakteriologi. Terutama terkait warna hijau di air tersebut.

 

BERITA TERKAIT:
Pasar Kajen Bakal Jadi Percontohan "New Normal"
Stok Elpiji Kota Pekalongan Aman Hingga Lebaran
Pemkot Pekalongan Mulai Lakukan Pendataan Kartu Prakerja
Sandang Gelar Doktor Kedua, Junaedi Inginkan Banyak Orang Termotivasi
Hasil Uji Lab Warna Air Hijau Masjid Al Mubarok
DPP PKB Belum Final Usung Iskandar di Pilkada Pemalang


tags: #pekalongan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI