Dua Prodi FK UMP Dapat Akreditasi B

LAM-PTKes memberikan akreditasi B kepada dua program studi Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Rabu, 11 Maret 2020 | 11:01 WIB - Ragam
Penulis: Ririn . Editor: Ririn

KUASAKATA.COM, Purwokerto – Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes) memberikan akreditasi B kepada dua program studi Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

“Peringkat akreditasi B ini dibuktikan dengan turunnya Surat Keputusan Nomor 0048/LAMPTKes/Akr/Sar/11/2020 untuk Prodi Pendidikan Dokter dan 0049/LAM-PTKes/Akr/Pro/II/2020 untuk Prodi Profesi Dokter,” ujar Dr. Jebul Suroso, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerja Sama UMP, di Purwokerto, pada Rabu (11/3/2020).

BERITA TERKAIT:
Jadi Dosen Tamu di University of Queensland Australia, Empat Dosen FIPP UNNES Paparkan Pendidikan Inklusi
Buat Asesor Terkesan, PBSI Unissula Raih Akreditasi Unggul
Kebudayaan dan Pendidikan Ada Keterkaitan yang Kuat
Tantangan Transformasi Pendidikan di Era Digital
DPKS Kunjungi Cirebon, Guna Tingkatkan Mutu Pendidikan Kota Semarang

Jebul menyatakan, dua surat keputusan yang berlaku selama lima tahun tersebut menuliskan Prodi Pendidikan Dokter Program Sarjana UMP berstatus terakreditasi dengan nilai 338 atau peringkat baik. Sedangkan Prodi Profesi Dokter Program Profesi UMP terakreditasi dengan nilai 339 atau peringkat baik.

Menurut Jebul, pencapaian skor akreditasi B tersebut tidak lepas dari prestasi-prestasi yang diperoleh dosen maupun mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) UMP.

“Alhamdulillah, ini sebuah keberhasilan yang tentu saja merupakan hasil bersama, hasil kerja keras semua rekan-rekan di FK UMP dan semua pihak yang terlibat. Tentunya, ini merupakan sebuah prestasi yang membanggakan. wujud persembahan atas kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat kepada FK UMP,” ungkapnya.

Sementara itu, Dr. Anjar Nugroho, Rektor UMP, mengatakan, saat ini UMP menjadi kampus terbaik kelima dari seluruh Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) di Indonesia. Dengan keberhasilan tersebut, ungkap Anjar, pihaknya tidak akan berhenti berusaha menjadi yang lebih baik. Maka dari itu, UMP akan terus meningkatan kualitas agar mencapai target akreditasi lebih tinggi.

“Saat ini, UMP memiliki lebih dari 43 program studi yang tersebar di 12 fakultas dan pascasarjana. Dari jumlah prodi sebanyak itu, enam prodi di antaranya sudah terakreditasi A. Sedangkan lainnya memiliki akreditasi B mantap, sehingga tinggal satu tahap lagi untuk meraih akreditasi A,” paparnya.

Anjar juga mengungkapkan, UMP memiliki lima program profesi dan penyelenggara Program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Program pacasarjana memiliki program magister untuk bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Magister Manajemen, Pendidikan Dasar, Pendidikan IPS, Farmasi, dan Pendidikan Agama Islam.

“Kalau program profesi, UMP memiliki Program Profesi Apoteker, Profesi Ners (Keperawatan), Profesi Dokter, Profesi Kebidanan, dan Profesi Pendidikan Guru,” pungkasnya.

***

tags: #pendidikan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI