Ilustrasi Istimewa

Ilustrasi Istimewa

Pemkot Pekalongan Mulai Lakukan Pendataan Kartu Prakerja

Terkait wabah COVID-19 memang berimbas terhadap penurunan ekonomi karena banyak karyawan yang dirumahkan. Perusahaan mengalami kemerosotan sehingga merumahkan bahkan ada yang mem-PHK pekerja karena produksi berhenti,"

Selasa, 14 April 2020 | 16:53 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, pekalongan - Pendataan terhadap para calon penerima Kartu Prakerja karena terdampak wabah virus Corona baru (COVID-19), mulai dilakukan oleh Pemerintah Kota pekalongan, Jawa Tengah

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Penempatan Kerja, Pelatihan, dan Produktivitas Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota pekalongan Iskandar di pekalongan, Selasa (14/4/2020), mengatakan bahwa pendataan ini berdasar Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia tentang Perlindungan Pekerja dan kelangsungan usaha dalam rangka penanggulangan virus corona baru (COVID-19).

"Terkait wabah COVID-19 memang berimbas terhadap penurunan ekonomi karena banyak karyawan yang dirumahkan. Perusahaan mengalami kemerosotan sehingga merumahkan bahkan ada yang mem-PHK pekerja karena produksi berhenti," katanya.

Iskandar mengatakan para pekerja yang dirumahkan dan korban PHK nantinya akan menerima bantuan dari Pemerintah Pusat berupa insentif yang berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sehingga mereka harus mendaftarkan diri secara daring (online).

Iskandar menambahkan Kartu Prakerja ini diprioritaskan bagi pekerja muda yang dirumahkan dan pemutusan hubungan kerja (PHK) oleh perusahaan akibat pandemi virus Corona.

"Kami sudah mengambil langkah dengan mendata semua karyawan yg dirumahkan dan di PHK, serta menyurati pada perusahaan. Kemudian, kami akan mengusulkan nama-nama calon pemilik kartu prakerja yang akan diseleksi oleh kemenaker," ungkapnya.

Dirinya mengatakan pengusulan nama calon pemilik Kartu Prakerja ini akan dilakukan setiap minggu pada Disnakertrans Provinsi Jawa Tengah.

"Jika lolos seleksi, para pemilik Kartu Prakerja berhak mendapatkan dana insentif

BERITA TERKAIT:
Pendaftaran Kartu Pra Kerja Gelombang Keempat Dibuka Dua Minggu Lagi
Sistem Nontunai di Kartu Pra Kerja Diharap Tingkatkan Inklusi Keuangan
Peserta Lolos Prakerja Diumumkan Secara Bertahap
Pemkot Pekalongan Mulai Lakukan Pendataan Kartu Prakerja
Wagub Jatim: Pekerja Terdampak Tidak Otomatis Dapat Kartu Prakerja
7 Tahapan Program Kartu Pra-Kerja dari Pemerintah
GoPay Resmi Jadi Mitra Pembayaran Kartu Prakerja


tags: #kartu pra kerja #jawa tengah #pekalongan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI