Ekonom Senior Rizal Ramli, Foto: Istimewa

Ekonom Senior Rizal Ramli, Foto: Istimewa

Rizal Ramli: Sebelum Covid-19, Ekonomi Sudah Bermasalah

Ekonom senior Rizal Ramli menyatakan pemerintah menghabiskan 2,5 bulan untuk bantah-bantahan jika corona belum masuk ke Indonesia. Bukan malah melakukan antisipasi.

Rabu, 22 April 2020 | 08:00 WIB - Ekonomi
Penulis: Ririn , Ririn . Editor: Ririn

Ekonom – Ekonom senior Rizal Ramli mengatakan masalah ekonomi Indonesia sudah bermasalah sebelum Covid-19 mewabah.

“Sebelum ada corona, ekonomi sudah bermasalah. Tahun 2017, 2018, 2019,” ujarnya dalam ILV TV One, Selasa (21/4/2020).

BERITA TERKAIT:
Citilink Berhenti Sementara
Rizal Ramli: Sebelum Covid-19, Ekonomi Sudah Bermasalah

Menurutnya, berdasarkan wawancara dengan sejumlah pihak yang mengalami krisis tahun 1998, yang terjadi saat pandemi corona saat ini lebih parah. Rizal menyatakan pemerintah menutupinya agar seolah-olah terlihat baik-baik saja melalui pinjaman. Padahal dampaknya, utang Indonesia semakin membengkak.

“(Kata mereka di tahun 1998) kita tutup buka lagi, tapi enggak hancur kaya gini (seperti sekarang). Tapi seolah-olah ada stability, didoping pinjaman dengan bunga yang banyak. seolah-olah ada kesan semua oke, tapi utang negeri besar sekali,” paparnya.

Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman ini menyatakan pemerintah sesumbar corona belum masuk ke tanah air pada Januari. Bukannya melakukan antisipasi, menurutnya, pemerintah malah sibuk saling bantah. Padahal, salah satu fakultas kedokteran meneliti bahwa corona telah masuk ke Indonesia.

“Kehilangan 2,5 bulan berharga (untuk) bantah-bantahan (corona sudah masuk atau belum). Pejabat kita paling doyan yang bener dibantah,” pungkasnya.

 


tags: #ekonomi di tengah pandemi #ekonom rizal ramli #covid-19 #corona virus

Email: redaksi@kuasakata.com

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI