Ilustrasi Ibadah Haji, Foto: Istimewa

Ilustrasi Ibadah Haji, Foto: Istimewa

Pelunasan BPIH Tahap Kedua di Banyumas Diperpanjang

Pembayaran BPIH tahap kedua dapat dilakukan melalui e-banking atau ATM.

Jumat, 22 Mei 2020 | 07:43 WIB - Ekonomi
Penulis: Ririn . Editor: Ririn

KUASAKATACOM, Banyumas – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas Jawa Tengah sosialisasi perpanjangan pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) 2020 tahap kedua.

“Kami tengah menyosialisasikan kepada calon haji bahwa waktu pelunasan BPIH tahap kedua diperpanjang,” ujar Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Banyumas Imam Hidayat lewat Kasi Penyelenggaraan haji dan Umroh Kemenag Banyumas Purwanto Hendro Puspito, Kamis (21/5).

Berdasarkan kebijakan Kementerian Agama, ia menjelaskan, pelunasan BPIH tahap kedua yang sebelumnya berakhir 20 Mei 2020 diperpanjang menjadi 29 Mei 2020.

BERITA TERKAIT:
Jadi Calo, Oknum PNS di Boyolali Tipu Korban Ratusan Juta Rupiah
Pesan Calon Jemaah Haji untuk Kemenag: Harus Lebih Cerdas!
1.180 Calon Jemaah Haji Sragen Gagal Berangkat, Kemenag: Tetap Gelar Manasik
Kemenag Kudus akan Kirimi Surat 1.033 Calhaj, Terkait Pembatalan Haji 2020
PDIP Tunggu Penantang, Koalisi Pelangi Tunggu Rekomendasi
Pelunasan BPIH Tahap Kedua di Banyumas Diperpanjang

“Kita itu calon haji berhak lunas tahap kedua yang belum melunasi masih bisa melakukan pelunasan hingga batas akhir 29 Mei 2020,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan pelunasan BPIH tahap kedua dapat dilakukan dengan mekanisme pembayaran non-teller lewat e-banking atau ATM akibat pandemi korona.

Per 20 Mei 2020, menurutnya, ada 108 calon haji asal wilayah setempat telah melunasi BPIH tahap kedua. Perpanjangan ini diperuntukkan untuk calon haji yang masuk tahap pertama tetapi saat pelunasan, sistem gagal. Selain itu untuk calon haji dengan nomor porsi masuk  alokasi kuota tahun 2020 tetapi berstatus haji. Kemudian untuk calon haji yang belum memeriksa kesehatan tahap kedua atau belum berstatus istithaah serta pada tahap kedua mematuhi istithaah kesehatan.

“Selain itu, calon haji sebagai pendamping bagi lansia dan penggabungan suami istri dan anak kandung terpisah yang telah melunasi tahap pertama atau bukan cadangan dan masih memiliki hubungan keluarga dan terdaftar dalam satu provinsi,” bebernya.

Kemudian, untuk calon haji bernomor porsi berikutnya berdasarkan data Siskohat jika terdaftar sisa kuota.

Besaran BPIH Kabupaten Banyumas sesuai besaran per embrakasi pada tahun ini senilai Rp35.972.602.

 


tags: #calon #tahap kedua #diperpanjang #haji #bpih

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI