Menko Polhukam Mahfud MD

Menko Polhukam Mahfud MD

Mahfud sebut Ro DKI Jakarta 0.9, Sehingga Siap Terapkan New Normal

Ada sembilan provinsi yang sekarang di bawah satu, nih lumayan bagus. Tapi ada juga yang tinggi sekali, di Gorontalo, Jawa Timur dan macam-macam itu. Itu ada perhitungannya,"

Selasa, 26 Mei 2020 | 17:45 WIB - Kesehatan
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Jakarta - Indeks penularan virus Korona (Ro) di Provinsi DKI Jakarta sudah 0,9, hal itu disampaikan Menko Polhukam Mahfud MD. Dengan indeks yang sudah di bawah 1, DKI Jakarta sebut Mahfud, sudah bisa bersiap menerapkan new normal

Mahfud mengungkapkan turunnya indeks penularan virus Korona tersebut, disebabkan adanya upaya PSBB yang ketat di Ibu Kota. "Ini ada penurunan kalau ada pembatasan. Tapi semuanya bisa dihitung. Jakarta sekarang sudah 0,9 (Ro-nya)," kata Mahfud dalam acara Webinar bersama UNS, Selasa (26/5).
 
Mahfud meski tidak menyebut detil, menuturkan ada sembilan provinsi lainnya yang indeks penularan virus Korona sudah berada di bawah 1. Namun, Mahfud tak menampik soal masih adanya beberapa daerah yang angka penularannya masih tinggi hingga saat ini.

"Ada sembilan provinsi yang sekarang di bawah satu, nih lumayan bagus. Tapi ada juga yang tinggi sekali, di Gorontalo, Jawa Timur dan macam-macam itu. Itu ada perhitungannya," sambung Mahfud.
 
Pemerintah berdasarkan data tersebut, saat ini perlahan akan memulai kembali sejumlah aktivitas dalam kondisi new normal. Alasan ekonomi menjadi latar belakang utama pemerintah memberlakukan new normal. Apalagi, vaksin corona hingga saat ini belum bisa ditemukan.  

"Nah di dalam keadaan itulah kita berpikir bagaimana kita hidup normal dengan fakta-fakta itu," ucapnya.

Pemerintah sebelumnya telah menetapkan tiga indikator yang menjadi penentu dalam menetapkan protokol hidup new normal di tengah wabah corona. Tiga indikator ini dibahas dalam rapat terbatas yang dipimpin Presiden Jokowi, Rabu (20/5).
 
Berdasarkan standar dari WHO, tiga indikator itu yakni tingkat penularan Korona di suatu wilayah atau reproductive number (RO), kesiapan sistem kesehatan tiap daerah, serta terakhir soal kemampuan pemerintah untuk mengetes Korona.  

Pemerintah menyebut, secara nasional Ro Indonesia masih mencapai 2,5, artinya satu orang bisa menularkan virus Korona ke dua atau tiga orang lain. Indeks yang aman untuk menerapkan new normal jika Ro sudah di bawah 1.  

BERITA TERKAIT:
Seorang Ibu Hamil Tewas Akibat Banjir Bandang di Ciganjur Jaksel
Dubes Uzbekistan Terbiasa Konsumsi Tolakangin
Korban Meninggal Kecelakaan Elf vs Rush di Cipali Belum Teridentifikasi
Elf Vs Rush, Delapan Orang Tewas di Tol Cipali
Marwan Jafar: Vaksin Covid-19 Harus Gratis


tags: #jakarta #new normal #mahfud md #mahfud

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI