Pierre-Emerick Aubameyang, foto istimewa

Pierre-Emerick Aubameyang, foto istimewa

Aubameyang Terlalu Bagus untuk Arsenal

Anda berusaha mati-matian mempertahankan mereka karena Anda berpikir sebagai sebuah klub, Anda ingin membangun tim di sekitar pemain semacam ini dan kalau ia pergi, Anda merasa seperti harus memulai lagi,"

Kamis, 04 Juni 2020 | 20:25 WIB - Olahraga
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, London - Setelah dirinya membuktikan dirinya kapabel jadi mesin gol Arsenal, dalam 2,5 musim terakhir. Masa depan Pierre-Emerick Aubameyang saat ini kembali dispekulasikan.

Rumor kepergian Aubameyang dari Arsenal, menurut eks bek Liverpool, Jamie Carragher, terasa masuk akal lantaran dia terlihat sulit menarik gerbong tim sendirian.

"Pada tahap ini, tidak ada keraguan soal itu. Aubameyang memang terlalu bagus buat Arsenal. Kami pernah mengalaminya, beberapa kali, di Liverpool dengan mungkin Luis Suarez dan sejumlah pemain tertentu di dalam skuad," ucap Carragher kepada Sky Sports.

Sejak diboyong dari Borussia Dortmund pada Januari 2018 silam, Aubameyang menjadi pencetak gol utama The Gunners. Tercatat striker itu telah mencetak 10 gol dari 14 penampilan selama separuh musim, pemain Gabon 30 tahun itu lantas menegaskan ketajamannya dengan 31 gol di musim 2018/2019. Untuk musim ini, Aubameyang sudah mengoleksi 20 gol di semua ajang sebelum musim ditangguhkan akibat pandemi.

Namun catatan gemilang Aubameyang menghadirkan dampak tak menyenangkan buat Arsenal, sebab tim-tim peminat seperti Barcelona, Paris Saint-Germain, Chelsea, hingga Real Madrid, berdatangan. Kontrak Aubameyang habis pada Juni tahun depan, dan dia diyakini membuka pintu untuk pindah karena ingin memenuhi ambisi menambah koleksi trofi sebelum periode terbaiknya habis.

Dalam beberapa musim terakhir, Arsenal sudah kesulitan bersaing di papan atas Premier League. Mereka bahkan tak bisa finis di empat besar sejak 2016/2017, kendati masih sempat memenangi tiga Piala FA dalam rentang 2014-2017. Rumor kepergian Aubameyang terasa masuk akal buat mantan bek Liverpool Jamie Carragher. Sebab jika dilihat secara keseluruhan

"Anda berusaha mati-matian mempertahankan mereka karena Anda berpikir sebagai sebuah klub, Anda ingin membangun tim di sekitar pemain semacam ini dan kalau ia pergi, Anda merasa seperti harus memulai lagi. Itulah masalah yang Anda punya saat mencoba kembali masuk ke empat besar dan menetapkan diri di sana, seperti yang Arsenal sedang coba lakukan," kata mantan bek yang kini jadi analis tersebut.

Arsenal dinilai Carragher semestinya mengambil opsi mempertahankan Aubameyang, sekalipun risikonya kehilangan secara cuma-cuma di akhir musim depan. Sebab Aubameyang akan menjaga peluang The Gunners lolos ke Liga Champions.

"Ya, oke saja punya aturan dan Arsenal bilang 'Kami tak akan pernah melepaskan seorang pemain pergi dengan aturan Bosman (bebas kontrak)'. Meski demikian, kalau saya adalah Mikel Arteta, saya akan melihat persoalan ini dan berpikir, sekalipun dia pergi cuma-cuma tahun depan, apakah kami punya kans lebih besar untuk lolos Liga Champions musim depan jika dia bertahan? Itulah keputusan yang harus mereka bikin," tandasnya.

BERITA TERKAIT:
Arteta Nilai Leeds akan Berbahaya untuk Arsenal
Gara gara Tes Covid, Aubameyang Mengamuk
Gagal Pindah Klub, Houssem Aouar Masih Senang di Lyon
Musim depan, Willian Berseragam Arsenal
Manchester City, Jawara Klub dengan Gaji Pemain Tertinggi
Mustafi Bakal Absen Saat Final FA
Semi Final Piala FA: Arsenal vs Man City


tags: #arsenal #liverpool #premier league #liga champions

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI