Makam Didi Kempot, Foto: Istimewa

Makam Didi Kempot, Foto: Istimewa

Makam Didi Kempot Jadi Destinasi Wisata, Bupati: Jangan Klenik

Dibangun rumah joglo di atas makam Didi Kempot.

Minggu, 28 Juni 2020 | 10:45 WIB - Ragam
Penulis: Ririn . Editor: Ririn

KUASAKATACOM, Ngawi makam Sang Maestro Campursari Didi Kempot di Desa Majasem Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi terus dibanjiri dengan peziarah dari berbagai daerah. Walaupun telah pergi lebih dari 40 hari, para penggemar Didi Kempot masih berdatangan.

Saking banyaknya peziarah, sobat ambyar—sebutan penggemar Didi Kempot pun membuat akses jalan khusus menuju makam sang idola. Pasalnya, penyanyi Stasiun Balapan ini dimakamkan di pemakaman umum. Sehingga lokasinya campur dengan makam warga sekitar.

BERITA TERKAIT:
Khidmat, Ziarah dan Tabur Bunga Peringati Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-60
Dukung Surat Amicus Curiae yang Disampaikan Megawati, PDIP Jateng Ziarah ke Makam RA Kartini
Masyarakat Diimbau Tidak Gunakan Visa Ziarah untuk Berhaji
Ganjar Ziarah Makam Pendiri Pencak Silat Setia Hati, Warga: Sudah Pasti Jadi Presiden
Organisasi Wanita Klaten Sambut Hari Ibu dengan Ziarah ke Makam Pahlawan

Warga dengan dibantu pemerintah setempat memperlebar jalan menuju makam hingga membuat rumah joglo di atas makam almarhum. Hal itu guna memfasilitasi peziarah. Inilah mengapa makam sang maestro menjadi salah satu wisata ziarah makam di Ngawi Jawa Timur.

Hal ini pun dikonfirmasi Bupati Ngawi Budi Sulistyono. Menurut Budi, peziarah semakin banyak dari hari ke hari. Pemerintah setempat dan pihak keluarga pun menyetujui pelebaran akses jalan menuju makam Didi Kempot agar tidak melintasi makam lain. Begitu juga atas pembangunan rumah joglo.

“Intinya pemkab mengizinkan keluarga memugar semua yang ada, membangun joglo, ya dipersilakan saja,” ungkap Budi beberapa waktu lalu.

Biaya pemugaran, lanjut dia, berasal dari iuran fans, keluarga, dan bantuan paving dari pemerintah setempat.

Lebih lanjut, Budi menegaskan pelebaran akses jalan dan pembangunan rumah joglo hanya untuk memfasilitasi peziarah untuk mengenang, mendoakan, dan bersilaturahmi. Jangan sampai disalahgunakan untuk kepentingan yang menyimpang dari agama seperti klenik.

“Ini yang enggak boleh mencari sesuatu. Mencari karier seperti Mas Didi, membuat ritual. Ini enggak benar. Kitaingatkan itu enggak boleh. Di situ hanya mengenang dan mendoakan saja,” tekannya.

***

tags: #ziarah #makam #wisata #didi kempot #klenik

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI