Suasana Pasar Krempyeng Sendangmulyo pada hari ini (29/6) nampak sepi. Ada pula seorang petugas kepolisian menyampaikan edukasi kepada seorang warga terkait penutupan sementara pasar tersebut

Suasana Pasar Krempyeng Sendangmulyo pada hari ini (29/6) nampak sepi. Ada pula seorang petugas kepolisian menyampaikan edukasi kepada seorang warga terkait penutupan sementara pasar tersebut

Pasar Krempyeng Sendangmulyo Resmi Ditutup Sementara Mulai Hari Ini

Ketika pasar kembali beroperasi pada Kamis (2/7/2020) mendatang, pihak LPMK tidak ada persiapan khusus terkait protokol kesehatan

Senin, 29 Juni 2020 | 10:47 WIB - Kesehatan
Penulis: Holy . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang - pasar Krempyeng yang berada di Perumnas Sendangmulyo, Kelurahan Sendangmulyo, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang resmi ditutup sementara mulai Senin (29/6/2020) hingga Rabu (1/7/2020) mendatang. 

Dari pantuan tim di lapangan pada Senin pagi, di pasar tersebut tidak terlihat adanya aktivitas perdagangan. Lapak-lapak sudah mulai tutup. Di lokasi itu hanya ada beberapa warga yang menyaksikan kegiatan petugas gabungan saat mengamankan lokasi sekitar pasar. Selain itu nampak juga beberapa pengendara yang melintas dan ada juga beberapa warga yang duduk duduk santai di tepi jalan.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK), Isdiyanto Isman selaku pengelola pasar menyatakan, ketika pasar Krempyeng kembali beroperasi pada Kamis (2/7/2020) mendatang, tidak ada persiapan khusus soal sarana prasana protokol kesehatan seperti garis penanda jarak antar pedagang. Ia menuturkan, selama ini pedagang mempunyai inisiatif sendiri untuk menjaga jarak.

"Selama ini [pengaturan jaga jarak] sudah berjalan. Jarak sudah ditata, jaraknya memang tidak terlalu lebar antara lapak satu dengan yang lain. Hal itu agar bisa memberikan kesempatan kepada semua pedagang untuk berdagang," kata Isdiyanto, ketika dihubungi KUASAKATACOM, melalui sambungan telepon, beberapa waktu lalu. 

Selain jaga jarak, Isdiyanto juga menyebut kalau pedagang dan pengunjung pasar selama ini tertib melaksanakan protokol kesehatan seperti penggunaan masker, tidak bersentuhan dan tidak bersenggolan badan. 

Isdiyanto menuturkan semenjak pandemi korona pun pihak LPMK bersama salah satu parpol telah menyediakan sarana wastafel untuk cuci tangan. Wastafel itu berada di depan Balai Pertemuan warga setempat. Ia mengakui selama ini memang belum ada seorang petugas yang mengawasi ketertiban pedagang maupun pengunjung untuk mencuci tangan. Meski begitu, pedagang yang akan berdagang maupun pengunjung yang akan membeli dagangan telah berinisiatif mencuci tangan terlebih dulu. 

"Bahkan secara mandiri ada beberapa pedagang sudah bisa membawa air, sabun dan lain-lain untuk diletakkan di dekat lapaknya. Bahkan ada lapak yang menyediakan kran air sendiri," pungkasnya. 

Diberitakan sebelumnya, pasar Krempyeng Sendangmulyo ditutup sementara untuk mengantisipasi penularan virus korona. Hal itu karena adanya warga di sekitar pasar yang dinyatakan positif terpapar korona.

[foto: Spanduk pemberitahuan penutupan sementara pasar Krempyeng Sendangmulyo]

BERITA TERKAIT:
Tertib Pakai Masker, Puluhan Warga Sambiroto Semarang Dapat Sembako
Masa Libur Panjang, Satpol PP Kota Semarang Masih Temukan Warga Tak Tertib Gunakan Masker
Tertib Pakai Masker, Puluhan Warga di Mijen Semarang dapat Hadiah Sembako dari Satpol PP
Awas! Libur Panjang, Satpol PP Kota Semarang Bakal Gencarkan Razia Protokol Kesehatan
Patuh Pakai Masker, Puluhan Warga di Jalan Pahlawan Semarang Diganjar Hadiah Sembako


tags: #masker #sendangmulyo #lpmk #pasar #sementara

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI