Ilustrasi pencurian handphone. Foto: Istimewa

Ilustrasi pencurian handphone. Foto: Istimewa

Polisi Solo Tangkap Dua Pencuri Spesialis Handphone Lintas Kota

Hasil penjualan barang curian tersebut digunakan oleh para pelaku untuk foya-foya dan bahkan untuk mengunjungi lokalisasi.

Rabu, 15 Juli 2020 | 06:02 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Ririn

KUASAKATACOM, Solo - Aparat Polsek Banjarsari Solo berhasil membekuk dua pelaku tindak pencurian handphone (HP) yang sering beraksi di lintas kota dengan sasaran hotel dan rumah sakit, Selasa (14/7/2020) dini hari. Kedua pelaku pencurian tersebut ialah Arif Agus, 39, alias Panci warga Jogorogo, Ngawi, dan Winarno, 31, alias Keok, warga Gilingan, Banjarsari, Solo

Keduanya mengaku kepada polisi bahwa mereka beraksi di beberapa kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Hasil penjualan barang curian tersebut digunakan oleh para pelaku untuk foya-foya dan bahkan untuk mengunjungi lokalisasi.

Kompol Demianus Palulungan, Kapolsek Banjarsari, menduga pelaku telah menggasak belasan HP di lintas kota dengan nilai puluhan juta rupiah.

"Pelaku sudah beraksi Solo, Nganjuk, Brebes, Salatiga, dan Klaten. Di Solo saja mereka mencuri tiga handphone senilai Rp11 juta milik pegawai hotel. Jadi diduga di wilayah lain hasil mereka cukup banyak," ungkapnya.

 Saat pemeriksaan oleh penyidik, Kompol Demianus menerangkan, keduanya mengaku handphone hasil curian dijual secara online. Uang itu lantas mereka gunakan untuk berfoya-foya dan mengunjungi lokalisasi.

"Uang hasil jual handphone mereka habiskan di lokalisasi," paparnya saat dijumpai wartawan, Selasa (14/7/2020).

Ia memaparkan, Pelaku kerap mencuri HP di rumah sakit dan perhotelan. Berdasarkan pengakuan pelaku, saat beraksi di rumah sakit mereka mengincar HP milik penunggu pasien.

"Kalau di Solo pelaku mencuri di salah satu hotel di wilayah Kestalan. handphone itu milik resepsionis yang sedang tertidur dan handphone diisi daya. Lalu, handphone lain di samping korban juga diambil," ujarnya.

Aksi pencurian di Solo tersebut terjadi pada akhir Juni lalu, akan tetapi pelaku baru tertangkap pada Selasa di kawasan Semanggi, Pasar Kliwon.

Dalam aksinya sebelum tertangkap, pelaku mencuri di hotel kawasan Kestalan, mereka menggunakan modus berpura-pura hendak check in. Lalu mereka mengelabui resepsionis hotel sebelum para pelaku menggasak tiga unit handphone.

"Saat mereka mencuri handphone, mereka masuk ke hotel. Mereka menuju meja resepsionis berpura-pura menjadi tamu. Tapi, saat itu resepsionis tengah tertidur sedangkan handphone miliknya diisi daya. Lalu mereka mengambil handphone itu," ujarnya.

Demianus menambahkan, selain handphone milik resepsionis, para pelaku sekaligus mengambil HP lain di meja resepsionis itu. Total, ada tiga unit handphone senilai Rp11 juta yang digondol pelaku.

Sementara itu, HP hasil pencurian tersebut lantas dijual secara online tanpa kardus HP. Kedua pelaku saat ini ditahan di Mapolsek Banjarsari. Polisi mengamankan barang bukti berupa tiga dus unit handphone dan sepeda motor yang dijadikan sarana pencurian.

Akibat perbuatnnya,  kedua pelaku dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman lima tahun penjara.

BERITA TERKAIT:
Pencuri Gasak Dua Laptop dan Lima Handphone Milik Mahasiswa di Solo
Tiga Orang Pria Diringkus Polisi Usai Curi 110 Tabung Gas di Sumut
Buron Dua Tahun, Pelaku Pencurian Sertifikat Tanah di Wonogiri Akhirnya Dibekuk
Polresta Banyumas Selama Operasi Sikat Jaran Candi 2020 Tangkap 15 Penjahat
Polisi Solo Tangkap Dua Pencuri Spesialis Handphone Lintas Kota
Bobol Warung Makan, Dua Orang di Pekalongan Dicekal Polisi


tags: #pencurian #handphone #solo

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI