Polda Jateng saat jumpa pers penangkapan pelaku pencurian di rumah pengusaha asal Kudus, pada Rabu (22/7) [foto: holy/kuasakatacom]

Polda Jateng saat jumpa pers penangkapan pelaku pencurian di rumah pengusaha asal Kudus, pada Rabu (22/7) [foto: holy/kuasakatacom]

Polda Jateng Tangkap Tujuh Pencuri yang Beraksi di Rumah Seorang Pengusaha Asal Kudus

Ketujuh pelaku itu berinisial A, S, DI, TA, DD, DN dan DH

Rabu, 22 Juli 2020 | 15:17 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang - Polda Jateng berhasil menangkap tujuh dari delapan pencuri yang beraksi di rumah seorang pengusaha asal Kabupaten Kudus, pada Senin (20/7) lalu. Sementara satu pelaku lainnya masih buron dan dalam pengejaran pihak kepolisian. 

Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutisna mengatakan ketujuh pelaku itu ditangkap di wilayah Kuningan, Jawa Barat. Kasus pencuriannya sendiri bermula pada Kamis (9/7) sekitar pukul 21.00 - 00.15 wib. Saat itu tiba-tiba listrik rumah padam, sementara para penghuni termasuk pembantu ada di dalam ruangan.

"Saat penghuni rumah bermaksud menghidupkan meteran listrik, korban langsung disekap empat orang dengan menggunakan parang. korban dan pembantu akhirnya dimasukkan ke dalam kamar dalam keadaan dilakban pada bagian mata dan tangan," kata Kabid Humas, saat jumpa pers di Lobby Ditreskrimum Polda Jateng, Rabu (22/7) siang. 

Selanjutnya para pelaku mengambil barang milik korban dengan cara merusak pintu kamar dan mencongkel brankas yang ada di dalamnya. Adapun  DVR CCTV sudah dirusak dan di ambil para pelaku.

Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimsus) Polda Jateng, Kombes Pol Wihastono Yoga Pranoto mengatakan dari hasil pemeriksaan, pihaknya tak menemukan adanya hubungan antara pembantu dan pelaku terkait kasus tersebut. 

Saat beraksi, para pelaku mengambil barang berupa uang tunai senilai Rp. 1.200.000.000,-(satu milyar dua ratusjuta rupiah), 76 (tujuh puluh enam) lembar sertifikat, berbagai macam uang asing, berbagai jenis perhiasan emas Seberat 970 gram, satu unit mobil kijang innova reborn dan mobil yang digunakan pelaku Mobil Book Grand Max. 

"Dengan total kerugian ditaksir kurang lebih Rp. 2.200.000.000,-(dua milyar dua ratus juta rupiah)," ujar Wihastono. 

Sementara, dari hasil penangkapan para pelaku, kepolisian berhasil mengamankan barang bukti yang terdiri dari Uang Rp 1.636.000.000,-(Satu Milyar Enam ratus tiga puluh enam juta rupiah); 2.850 (dua ribu delapan ratus lima puluh) lembar berbagai macam uang asing yang ditaksir sebanyak 700 juta rupiah, 71(tujuh puluh satu)lembar sertifikat; 156 (seratus lima puluh enam) buah berbagai jenis perhiasan emas seberat 973,17 gram ; 1 (satu) Unit kendaraan boks yang digunakan sebagai sarana angkutan barang dan mobil pribadi korban berjenis toyota kijang innova

Ketujuh pelaku yang berinisial A, S, DI, TA, DD, DN dan DH kini mendekam dibalik dinginnya jeruji besi dengan ancaman hukuman paling lama 12 tahun penjara. 
 

BERITA TERKAIT:
Jalani Rapid Test, 30 Anggota Polda Jateng Dinyatakan Reaktif
H-7 Coblosan, Polda Jateng Gelar Tes Kesehatan untuk Personil Pengamanan Pilkada
Video: Polda Jateng Musnahkan Puluhan Ribu Jamu Tradisional Palsu
Polda Jateng Musnahkan Puluhan Ribu Jamu Tradisional Palsu
Amankan Gelaran Pilkada, Polda Jateng Kerahkan Belasan Ribu Pasukan Pengamanan
Video: Sadis, Enam Pria di Kendal Perkosa Anak di Bawah Umur Hingga Pagi
Video Mengaku Dukun, Seorang Pria Nekat Cabuli Sembilan Anak Dibawah Umur


tags: #polda jateng #rumah #pencuri #korban #pengusaha

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI