Ilustrasi orang hamil, Foto: Istimewa

Ilustrasi orang hamil, Foto: Istimewa

PA Jepara: 240 Siswa Minta Dispensasi Nikah Tak Semuanya Hamil

Jumlah pemohon dispensasi yang hamil duluan hanya 50 persen.

Senin, 27 Juli 2020 | 07:12 WIB - Ragam
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jepara Pengadilan Agama (PA) Jepara Jateng menjelaskan 240 siswa pemohon dispensasi nikah tidak semuanya hamil lebih dahulu. Ada yang karena faktor usia belum genap 19 tahun sesuai aturan terbaru.

“Dari 240 pemohon dispensasi nikah, memang dalam catatan kami ada yang hamil terlebih dahulu dengan jumlah berkisar 50-an persen. Sedangkan selebihnya karena faktor usia yang belum sesuai aturan, namun sudah berkeinginan menikah,” ungkap Ketua Panitera PA Jepara Takiyaturobihah, Minggu (26/7).

Sesuai UU No 16/2020 tentang Perkawinan, kata dia, dijelaskan batas minimal calon pengantin putri berusia 19 tahun.  Sedangkan pada UU Perkawinan sebelumnya, batas minimal calon pengantin putri berusia 16 tahun.

“Sementara usia pemohon dispensasi nikah ada yang berusia 14 tahun hingga 18 tahun. Artinya, tidak semua tamatan SMA karena bisa saja putus sekolah atau bahkan tidak sekolah,” imbuhnya.

Hal ini, kata dia, sekaligus membantah pemberitaan yang menyebut 240 siswa SMA di Jepara mengajukan dispensasi nikah karena hamil duluan. Karena pemohonnya ada yang berijzah SD dan SMP.

Permohonan dispensasi nikah tidak hanya terjadi di PA Jepara. Tetapi hampir menyeluruh usai ada batas minimal usia perkawinan dari 16 tahun menjadi 19 tahun.


tags: #pengadilan agama #pa jepara #pemohon dispensasi nikah

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI