Ilustrasi tolak angin, Foto: Istimewa

Ilustrasi tolak angin, Foto: Istimewa

Diklaim Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, Ahli Sarankan Konsumsi Tolak Angin Dua Kali Sehari

Dari hasil penelitian, Tolak Angin cair mampu meningkatkan sel T dan fogositos, indikator peningkatan daya tahan tubuh.

Rabu, 29 Juli 2020 | 11:31 WIB - Kesehatan
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta – Direktur Sidomuncul Irwan Hidayat mengklaim Tolak Angin dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

“Iya, Tolak Angin bisa meningkatkan sel T secara umum. Di masa pandemi Covid-19 ini, saya sendiri minum Tolak Angin dua kali sehari setiap harinya sejak Maret lalu, untuk jaga daya tahan tubuh,” ungkap Irwan, Selasa (28/7).

Hal ini didukung dengan hasil uji klinis khasiat dari Lembaga Penelitian Fakultas Universitas Diponegoro Semarang. Ketua Peneliti Prof dr Edi Dharmana, MSc PhD menyatakan berdasarkan hasil penelitian yang ia lakukan sejak tahun 2007, Tolak Angin cair mampu meningkatkan sel T dan fogositos dalam tubuh. Keduanya adalah indikator peningkatan daya tahan tubuh.

BERITA TERKAIT:
Diklaim Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, Ahli Sarankan Konsumsi Tolak Angin Dua Kali Sehari

“Sel T sangat penting untuk ketahanan tubuh terhadap penyakit. Tolak Angin bermanfaat untuk melawan infeksi atau menjaga tubuh dari serangan penyakit karena Tolak Angin dapat meningkatkan fungsi fagositosis mikrofag dan jumlah sel,” papar Edi.

Edi pun menyarankan masyarakat untuk rutin mengonsumsi produk yang telah teruji secara khasiat dan manfaatnya guna menjaga kesehatan di masa pandemi corona.

“Sebelum vaksin dan obat untuk Covid-19 ditemukan, tidak ada salahnya untuk minum Tolak Angin dua kali sehari untuk meningkatkan sel T, untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, juga harus menjalankan protokol kesehatan dengan benar. Dulu saya sering infeksi tenggorokan kronis (faringitis), sering meriang. Saya minum Tolak Angin dan permen Tolak Angin, hasilnya sembuh dan faringitis saya jarang kambuh,” jelasnya.

Di sisi lain, Irwan Hidayat mengaku pihaknya akan meneliti lebih lanjut perihal khasiat Tolak Angin untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

“Kami akan melanjutkan penelitian Tolak Angin untuk membuktikan apakah Tolak Angin juga bermakna untuk ketahanan tubuh terhadap Covid-19 dan virus-virus yang lain,” pungkasnya.


tags: #kekebalan #daya tahan #tolak angin #tubuh #corona

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI