Ilustrasi

Ilustrasi

Tiga Negara di Asia dan Dua Negara Adidaya di Dunia Alami Resesi

Resesi didefinisikan sebagai penurunan produk domestik bruto (PDB) atau pertumbuhan ekonomi dalam dua kuartal berturut-turut.

Jumat, 31 Juli 2020 | 21:12 WIB - Ekonomi
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Jakarta - Perekonomian dunia benar-benar hancur disaat beberapa negara melakukan pembatasan di saat pandemi virus corona, Tercatat ada lima negara yang mengalami resesi dikarenakan pandemi ini. Kelima negara tersebut adalah:

1. Singapura
Ekonomi Singapura masuk ke jurang resesi di kuartal II-2020. Karena terkena dampak pandemi, ekonomi negara tersebut terkontraksi 41,2%.

Sebelumnya tepatnya di kuartal I-2020, pertumbuhan ekonomi Singapura juga telah mengalami kontraksi hingga 2,2%. 

BERITA TERKAIT:
Banyak Perusahaan di AS Mulai Bangkit Tinggalkan Resesi
Pandemi, Inggris Masih Bertahan di Jurang Resesi
Efek Ganda Pemanfaatan Lahan Pekarangan dalam Era Pandemi Covid-19
Tiga Negara di Asia dan Dua Negara Adidaya di Dunia Alami Resesi
Singapura Resesi, Perekonomian Indonesia Belum Terdampak

2. Hong Kong
Negara ini telah mengalami resesi sebelum masuk di masa pandemi, ditambah adanya pandemi virus corona membuat ekonomi negara ini sulit pulih. Negara yang jadi hub Asia itu ekonominya mengkerut 9% di kuartal II-2020 (April-Juni) dibandingkan posisi setahun sebelumnya.

Tercatat di kuartal ini, Hongkong mencatat ekonomi minus keempat kalinya. Artinya, sudah setahun penuh ekonomi Hong Kong tidak tumbuh.

3. Korea Selatan
Menyusul Singapura, Korea Selatan (Korsel) menjadi negara yang ekonominya resmi jatuh ke jurang resesi. Kondisi tersebut ditandai menyusutnya perekonomian Korsel di kuartal II-2020.

Menurut Bank of Korea, ekonomi Korsel menyusut -3,3%. Dan itu merupakan kontraksi paling tajam sejak kuartal pertama 1998. Angka itu juga lebih dalam dari perkiraan jajak pendapat yang digelar Reuters di angka -2,3%. Pada kuartal I-2020 ekonomi Korsel sudah -1,4%.

4. Amerika Serikat (AS)
Pada kuartal II dari April hingga Juni, ekonomi AS mengalami kontraksi sebesar 32,9%. Mengutip CNN, Jumat (30/7/2020), Biro Analisis Ekonomi mencatat resesi kali ini merupakan yang terburuk sepanjang sejarah.

Diberlakukannya lockdown membuat bisnis terhenti pada musim semi tahun ini, membuat AS akhirnya terjerumus ke dalam resesi pertamanya dalam 11 tahun terakhir. Hanya dalam beberapa bulan, ekspansi ekonomi terpanjang dalam sejarah AS dalam lima tahun terakhir pun selesai sudah.

5. Jerman
Ekonomi Jerman pada kuartal II-2020 kembali mengalami kontraksi sebesar -10,1%. Laporan itu menandakan ekonomi Jerman masuk dalam jurang resesi.

Ekonomi Jerman, seperti dikutip dari Reuters, mengalami penurunan hingga -10,1% diakibatkan penurunan konsumsi rumah tangga, investasi bisnis dan ekspor. Semua itu merupakan dampak dari pandemi COVID-19.

Pada kuartal I-2020 ekonomi Jerman juga sudah terkoreksi -2,2%. Itu artinya ekonomi Jerman sudah resmi resesi.

resesi didefinisikan sebagai penurunan produk domestik bruto (PDB) atau pertumbuhan ekonomi dalam dua kuartal berturut-turut. Pada kuartal sebelumnya (Januari ke Maret), PDB AS minus 5%.
 


tags: #resesi #resesi ekonomi #amerika serikat #korea selatan #singapura

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI