Ilustrasi kecelakaan. Foto: Istimewa

Ilustrasi kecelakaan. Foto: Istimewa

Sering Terjadi Kecelakaan, Jl. Kolonel Sugiono Solo Masuk "Black Spot"

Lokasi tersebut dikategorikan sebagai black spot menyusul terjadinya dua kecelakaan fatal yang mengakibatkan dua orang meninggal dunia.

Minggu, 02 Agustus 2020 | 06:40 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Ririn

KUASAKATACOM, Solo - Pekan lalu, Jl. Kolonel Sugiono, Kadipiro, Banjarsari, Solo, masuk dalam kategori ruas jalur rawan kecelakaan lalu lintas atau black spot. Lokasi tersebut dikategorikan sebagai black spot menyusul terjadinya dua kecelakaan fatal yang mengakibatkan dua orang meninggal dunia.

Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Afrian Satya Permadi menjelaskan, analisis evaluasi kepolisian dibagi dalam kategori black spot per hari, pekan, dan bulan. Kemudian, jalan penghubung ke Kabupaten Sragen itu masuk dalam kategori black spot per pekan.

"Jl. Kolonel Sugiono pekan kemarin masuk dalam kategori black spot. Saat ini masih kami analisis apakah tetap black spot atau tidak. Termasuk, di ruas-ruas jalan lain bisa lepas atau jadi black spot," beber Afrian mewakili Kapolresta Solo, Kombes Pol Andy Rifai.

Ia mengimbau para pengendara yang melintasi jalur perlintasan umum dan kendaraan berat agar tetap ekstra waspada.

Di jalur rawan kecelakaan lalulintas tersebut, kecelakaan pertama terjadi pada Senin (6/7/2020) sore melibatkan dua sepeda motor dan satu truk. kecelakaan itu mengakibatkan Sumadi, 42, warga Tegaldowo, Gemolong, Sragen, meninggal dunia. Korban terjatuh saat hendak mendahului truk lalu ditabrak pesepeda motor lain dari arah berlawanan.

Selain itu, kecelakaan lainnya mengakibatkan salah seorang warga meninggal dunia terjadi pada Minggu (26/7/2020) dini hari. Akibatnya pengendara sepeda motor Yamaha RX King yakni pemuda berinisial B, warga Boyolali, meninggal dunia seusai bertabrakan dengan mobil Toyota Agya berpelat nomor AD 8955 BS.

Dalam insiden tersebut, pengemudi mobil melaju dari arah selatan ke utara. Saat hendak mendahului truk di depannya, dari arah berlawanan korban melaju. Mobil itu lantas menghantam korban dan korban meninggal dunia seusai dirawat di rumah sakit.

Afrian menjelaskan, faktor yang membuat jalur itu rawan kecelakaan maut dapat terjadi akibat kelalaian dan tidak hati-hati pengguna kendaraan itu sendiri. Menurutnya, meskipun jalur itu lurus pengguna jalan harus tetap fokus karena kendaraan besar seperti bus dan truk melalui perlintasan itu.

Dalam hal ini, ia berharap masyarakat selalu memerhatikan kondisi jalan seperti saat hendak mendahului serta mengecek kelengkapan berkendara. Jangan sampai, pengguna kendaraan tidak melengkapi kendaraan dengan lampu seperti dalam kecelakaan Yamaha RX King itu.

Selain itu, ia juga mengimbau pegguna jalan agar tidak terburu-buru memacu kendaraan dalam kecepatan tinggi yang dapat membahayakan diri sendiri maupun pengendara lain.


tags: #solo #kecelakaan #jl. kolonel sugiono #black spot

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI