Plt Ketua DPRD Jepara Junarso, Foto: Istimewa

Plt Ketua DPRD Jepara Junarso, Foto: Istimewa

Imam Zusdi Meninggal, Junarso jadi Plt Ketua DPRD Jepara

Junarso berasal dari PDIP, parpol pemenang kedua pada Pemilu.

Selasa, 04 Agustus 2020 | 07:03 WIB - Politik
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jepara – Wakil Ketua DPRD Jepara Junarso ditunjuk sebagai Plt Ketua DPRD Jepara, Senin (3/8). Penunjukan tersebut untuk mengisi kekosongan jabatan sembari menunggu proses di internal PPP Jepara.

Sekretaris DPRD Jepara Trisno Santoso mengatakan persoalan kekosongan jabatan Ketua DPRD Jepara telah dibahas para pemimpin DPRD Jepara. Tiga orang Wakil Ketua DPRD Jepara, masing-masing Junarso (PDIP), Pratikno (Nasdem), dan KH Nuruddin Amin (PKB) telah bertemu dan  berunding.

Dari perundingan tersebut, mereka sepakat menunjuk Junarso sebagai Plt Ketua DPRD Jepara. Junarso akan bertugas hingga ada Ketua DPRD Jepara difinitif yang diajukan PPP Jepara.

PDIP merupakan pemenang kedua pada Pemilu terakhir. Sehingga wajar jika akhirnya Plt Ketua DPRD Jepara akhirnya diberikan pada Junarso. Mekanisme ini sudah tertuang dalam aturan DPRD Jepara,” ungkap Trisno, Senin (3/8).

Pengisian ketua difinitif, kata dia, diatur dalam pasal 43 Tatib DPRD. Selanjutnya pimpinan DPRD mengusulkan peresmian pengangkatan calon pengganti kepada Gubernur Jateng.

“Dalam hal ini ketua DPRD berhenti dari jabatannya. Para wakil ketua menetapkan salah seorang di antranya untuk melaksanakan tugas ketua sampai dengan ditetapkannya pengganti definitif. Pengganti berasal dari parpol yang sama serta diusulkan oleh pimpinan parpol untuk diumumkan dalam rapat paripurna dan kemudian ditetapkan dengan keputusan DPRD,” pungkasnya.

BERITA TERKAIT:
Imam Zusdi Meninggal, Junarso jadi Plt Ketua DPRD Jepara
Bupati Kudus: Penunjukan Plt Direktur PDAM Butuh Kajian


tags: #plt #ketua dprd jepara #pdip #junarso

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI