Kanwil KUMHAM Jateng, Priyadi (kemeja biru) saat jumpa pers di Kantor BNNP Jateng, Jalan Madukoro Semarang [foto: Holy/KUASAKATACOM]

Kanwil KUMHAM Jateng, Priyadi (kemeja biru) saat jumpa pers di Kantor BNNP Jateng, Jalan Madukoro Semarang [foto: Holy/KUASAKATACOM]

Cegah Peredaran Narkoba di Lapas, Kanwil KUMHAM Jateng Punya Dua Pencegahan

Cara tersebut yaitu adanya dua tataran dengan adanya satgas pencegahan peredaran narkoba di dalam lapas. Serta ada juga peninjauan lapangan dari Jajaran Polda Jateng, BNNP Jateng, dan Kanwil KUMHAM Jateng. 

Kamis, 06 Agustus 2020 | 13:37 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang - Pada bulan Juli 2020 lalu, Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Tengah (BNNP Jateng) menangkap beberapa pengedar narkoba. Dari keterangan para tersangka tersebut, ternyata narkoba itu dikendalikan oleh beberapa napi yang sedang menjalani masa hukuman di berbagai Lapas. Petugas BNNP pun akhirnya mengamankan napi tersebut dan didapatinya adanya handphone

Terkait hal tersebut, Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM (Kanwil KUMHAM) Jateng; Priyadi tak menampik bahwa peredaran narkoba dari dalam lapas karena adanya penggunaan handphone

Meski begitu, ia menekankan bahwa handphone hanyalah berperan sebagai perantara. 

"handphone itu hanya sebagai perantara, kunci peredarannya tetap ada di manusia," kata Priyadi, saat jumpa pers , di Kantor BNNP Jateng, Jalan Madukoro Semarang, beberapa waktu lalu. 

Ia menambahkan, kondisi itu semakin diperparah dengan adanya pandemi Corona. Menurutnya saat ini banyak sekali orang-orang yang tidak memiliki pekerjaan. Hingga akhirnya celah inilah yang dilakukan oleh bandar narkoba untuk memasarkan barang haram. 

Priyadi menegaskan pihaknya pun telah berusaha secara maksimal agar handphone tidak masuk ke ruang lapas. Cara tersebut yaitu adanya dua tataran dengan adanya satgas pencegahan peredaran narkoba di dalam lapas. Serta ada juga peninjauan lapangan dari Jajaran Polda Jateng, BNNP Jateng, dan Kanwil KUMHAM Jateng. 

Ia juga menuturkan bahwa peredaran narkoba dengan menggunakan kecanggihan teknologi informasi maka juga harus dilawan dengan cara yang sama juga. 

"Semoga nanti dalam waktu dekat BNNP Jateng dan Kanwil KUMHAM Jateng ada semacam kerjasama teknologi informasi untuk memberantas peredaran narkoba," tandasnya.

BERITA TERKAIT:
Polres Purbalingga Amankan Satu Resividis Narkoba, Satu Pelaku Kabur
Sejak 2016, 8.000 Orang Tewas Akibat Operasi Narkoba di Filipina
Video Puluhan Permen Narkotika Berhasil Diungkap BNN Jateng
Edarkan Narkoba di Batang, Seorang Warga Pekalongan Diamankan Tim BNN
DPRD Purbalingga Usulkan Raperda Prakarsa Tentang Pemberantasan Penyalahgunaan Narkoba


tags: #narkoba #polda jateng #bnnp jateng #handphone #kanwil kumham

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI