Ilustrasi virus corona, Foto: Istimewa

Ilustrasi virus corona, Foto: Istimewa

Gugus Tugas Covid-19 Dinilai Lambat, DPRD Jepara Akan Ajukan Hak Angket

Gugus Tugas Jepara dibiayai APBD senilai Rp203 miliar.

Jumat, 07 Agustus 2020 | 20:33 WIB - Ragam
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jepara – Penanganan pandemi corono oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Jepara dinilai lambat dan tidak ada arah yang jelas. Padahal GTPP Covid-19 dibiayai dengan dana ratusan miliar APBD 2020.

Oleh karena itu, Fraksi Partai Nasdem DPRD Jepara mengajak fraksi lain untuk menggunakan hak konstitusional dalam merespon penanganan corona.

“Penanganan Covid-19 di Jepara kami nilai lambat dan yang dirugikan adalah masyarakat Jepara. Apa yang terjadi di Gugus Tugas, kami kira memang perlu kami ketahui,” ungkap Wakil Ketua DPRD Jepara dari Fraksi Partai Nasdem Pratikno, Kamis (6/8).

Hak angket, kata Pratikno, adalah hak konstitusional yang dimiliki oleh DPRD untuk menyelidiki kebijakan Pemda. Khususnya kegiatan yang penting dan strategis serta berdampak luas pada kehidupan masyarakat dan negara.

“Selain tidak bekerja dengan perencanaan yang baik, Gugus Tugas juga tidak menunjukkan keterbukaan dan transparansi dalam pengelolaan anggaran. Padahal Gugus Tugas yang diketuai oleh Bupati Jepara dibiayai dana sebesar Rp203 miliar,” imbuhnya.

Sesuai ketentuan, lanjut dia, hak angket bisa diajukan minimal oleh tujuh anggota DPRD yang berasal dari satu fraksi. Kemudian usulan tersebut disampaikan kepada Pimpinan DPRD untuk dilakukan rapat paripurna dan membentuk panitia angket.

Sementara itu, Fraksi Gerindra melalui ketuanya Purwanto mengaku masih akan melihat perkembangan yang ada di DPRD Jepara. Di luar itu, ia berharap penanganan corona di Jepara dapat dilakukan lebih sungguh-sungguh.

“Fraksi kami melihat tidak ada progress yang jelas dan terukur. Oleh sebab itu, kami mendorong agar persoalan penyebaran Covid-19 ditangani dengan serius dan menggunakan cara-cara yang tidak biasa atau eksta ordinary,” pungkasnya.


tags: #penanganan corona #gtpp covid-19 #gugus tugas #dprd jepara

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI