Ilustrasi air, Foto: Istimewa

Ilustrasi air, Foto: Istimewa

Wilayah Pegunungan di Pekalongan Terancam Kekeringan

Warga mencuci baju dan mandi di sungai.

Sabtu, 08 Agustus 2020 | 13:28 WIB - Ragam
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Kajenwilayah pegunungan di Kabupaten Pekalongan terancam kekeringan. Pasalnya, ketersediaan air bersih di wilayah tersebut mulai menyusut.

Wahyatin (60) warga Desa Bojongkoneng Kecamatan Kandangserang menyatakan ketika musim kemarau, desanya langganan kesulitan air bersih. Bahkan kini tanda-tanda kekeringan mulai dirasakan warga desa tersebut. “Sumur saat ini juga sudah mulai ada yang mengering,” ungkapnya.

Karena sumur mulai mengering, kata dia, sebagian warga mandi dan mencuci pakaian di sungai. “Kami mandi sambil mencuci baju di Kali Keruh. Jarak sungai ke kampung sekitar setengah jam kalau jalan kaki,” imbuhnya.

Untuk kebutuhan air minum, lanjut dia, warga biasanya membeli air isi ulang. Satu galon air isi ulang harganya Rp10 ribu.

Sementara itu, Kepala Desa Bojongkoneng Tumiyati membenarkan jika desanya langganan kesulitan air bersih saat kemarau. Sumber utama air bersih di desanya adalah air sumur. Saat kemarau, debit air sumur menyusut drastis. Bahkan jika kemarau ekstrem, sumur mengering.

“Jika sudah kering ya ndak ada sumbernya. Paling parah biasanya bulan September. Ini sudah mendekati. Saat ini saja sudah ada yang mulai kesulitan air,” tandasnya.

Terkait alternatif sumber air bersih selain sumur, ia mengaku ada di Desa Trajumas yang jaraknya 19 Km dari desa.

Kekeringat terparah, kata dia, terjadi pada tahun 2019. Oleh karena itu desanya mendapatkan bantuan dari BPBD. Ia pun berharap ada pembangunan jaringan air bersih di desanya.

“Sumber air bersih pernah disurvei itu ada di Desa Trajumas. Dari program DAK juga pernah ke sana, tapi katanya anggarannya tidak mencukupi. Kalau di sekitar daerah sini tidak ada sumber mata air yang bisa mencukupi seluruh desa. Paling ada hanya cukup untuk satu dukuh,” pungkasnya.

BERITA TERKAIT:
Kekeringan, Warga Boyolali Dapat Bantuan Sumur
Musim Kemarau, Delapan Kecamatan di Brebes Terancam Kekeringan
Kemarau, Tiga Kecamatan di Kudus Rawan Kekeringan
Empat Waduk di Sragen Mengering, Ratusan Hektare Sawah Terancam Krisis Air
Ratusan Keluarga di Sukoharjo Krisis Air Bersih
Wilayah Pegunungan di Pekalongan Terancam Kekeringan
Puluhan Embung di Wonogiri Mengering, Pemkab Berupaya Bangun Baru


tags: #kekeringan #kemarau #pekalongan #wilayah pegunungan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI