Ilustrasi monyet, Foto: Istimewa

Ilustrasi monyet, Foto: Istimewa

Kemarau, Kawanan Monyet Turun ke Jalan Todanan Blora

Kawanan monyet tersebut turun ke jalan untuk mencari makanan.

Minggu, 09 Agustus 2020 | 07:01 WIB - Ragam
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Blora – Beberapa pekan terakhir, di sekitar kawasan Gua Terawang Todanan Blora muncul kawanan monyet baik di pinggir maupun tengah jalan. Kehadiran monyet tersebut menyita perhatian warga yang melintas. Mereka menyempatkan berhenti untuk memberikan makanan.

Dari keterangan warga, kawanan monyet tersebut habitat aslinya di kawasan hutan di sekitar Gua Terawang. Di bawah kewenangan Perhutani KPH Blora. Saat musim kemarau, kawanan monyet yang jinak tersebut sering turun ke pinggiran jalan raya untuk mencari makanan.

Namun saat ini kondisinya sedikit berbeda. Pasalnya, jumlah monyet yang turun lebih banyak. Selain kemarau, monyet tersebut turun ke jalanan karena tempat wisata Gua Terawang tutup sejak pandemi corona.

“Saat wisata masih dibuka, banyak pengunjung yang memberi makan kawanan monyet itu. Namun selama lima bulan terakhir, kawasan wisata itu tutup dan kebetulan saat ini sedang musim kemarau,” ungkap warga sekitar Joko Triyono, Sabtu (8/8).

Sementara itu, Wakil Administratur Perhutani KPH Blora Agus Nawin Romdhoni menyatakan belum ada laporan ada gangguan pada manusia terkait munculnya kawanan monyet tersebut. Namun pihaknya telah memberikan papan peringatan agar warga berhati-hati.

“Selain itu, kita juga sudah koordinasi dengan BKSDA Jateng maupun cabang Dinas Kehutanan Jateng di Blora terkait munculnya kawanan monyet itu,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan monyet tersebut jumlahnya ratusan. Selama ini, cukup banyak pepohonan yang menjadi sumber makanan mereka. Sayangnya, jika musim kemarau, bahan makanan sedikit berkurang.

“Selain buah dan biji-bijian, monyet itu biasa makan pucuk-pucuk daun yang masih muda. Selain itu, monyet-monyet itu sering dapat makanan dari pengunjung wisata. Namun tempat wisatanya sementara masih tutup,” tukasnya.

Ia mengaku pihaknya telah mendapatkan rekomendasi dari Pemkab Blora untuk membuka wisata Gua Terawang. Namun pihaknya masih menunggu instruksi lebih lanjut dari Perhutani Divre Jateng.

“Saat ini, sudah kita siapkan sarana prasarana penerapan protokol kesehatan di lokasi wisata Gua Terawang.  Dengan demikian, jika sewaktu-waktu sudah ada izin untuk dibuka, maka semuanya sudah siap,” pungkasnya.

BERITA TERKAIT:
Kemarau, Kawanan Monyet Turun ke Jalan Todanan Blora


tags: #mencari makanan #gua terawang #kawanan monyet #kemarau #blora

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI