Bupati Batang Wihaji bersama Ketua Tim penggerak PKK Uni Kuslantasih Wihaji usai meresemikan Kantin Ekobrik PKK, Foto: Istimewa

Bupati Batang Wihaji bersama Ketua Tim penggerak PKK Uni Kuslantasih Wihaji usai meresemikan Kantin Ekobrik PKK, Foto: Istimewa

Unik, Kantin PKK Batang Dihiasi Ribuan Ecobrick

Kantin dan taman PKK ini bisa menjadi edukasi bagi masyarakat dalam memanfaatkan dan mengelola sampah plastik.

Selasa, 11 Agustus 2020 | 15:25 WIB - Kesehatan
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACO, Batang Kantin PKK di Kabupaten Batang dihiasi ribuan ecobrick sampai membentuk bangunan, meja, dan tempat duduk. Konsep ini jadi inovasi pertama di Jawa Tengah.

Kantin yang diberi nama Hatinya (Halaman Asri Teratur Indan dan Nyaman) PKK ini berada di komplek Setda Batang. Tepatnya di belakang kantor Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga. Kantin ini berkonsep ramah lingkungan dan mengurangi limbah plastik.

BERITA TERKAIT:
Unik, Kantin PKK Batang Dihiasi Ribuan Ecobrick

Ide kreatif ini diapresiasi oleh Bupati Batang Wihaji. “Hari ini sampah palstik menjadi persoalan lingkungan masa depan. Taman ecobrick ini merupakan pengejewantahan TP PKK peduli dengan masalah lingkungan,” ungkapnya, Selasa (11/8).

Ia menjelaskan kantin dan taman PKK ini bisa menjadi edukasi bagi masyarakat dalam memanfaatkan dan mengelola sampah plastik. Bahwa sampah plastik juga dapat dimanfaatkan untuk greenhouse, pagar, meja, dan kursi.

“Ada 25.800 ecobrick atau setara sekitar 6 ton sampah plastik yang berasal dari 248 desa dan kelurahan. Artinya, PKK sudah membantu Dinas Lingkungan Hidup dan pecinta lingkungan dalam mengelola sampah plastik,” jelasnya.

Sementara Ketua TP PKK Kabupaten Batang Uni Kuslantasih Wihaji menyatakan ecobrick adalah program untuk mengurangi sampah plastik yang dapat mencemari lingkungan.

“Saya serius dengan TP PKK, mulai dari dasa wisma, rukun tangga, kelurahan, dan kecamatan untuk terus sinergi mengelola sampah plastik jadi ecobrick,” tukasnya.

Ia menambahkan, ke depan PKK masih akan terus mengembangkan pemanfaatan ecobrick. Bahkan selanjutnya juga akan dilakukan oleh desa maupun kecamatan. “ecobrick ini juga bisa dimanfaatkan untuk membuat sesuatu yang mempunyai nilai ekonomi. Karena itulah ide-ide pemanfaatannya akan terus kita kembangkan,” pungkasnya. 

***

tags: #kantin pkk #ecobrick #sampah plastik #batang

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI