Petugas Bea Cukai Kanwil Jawa Tengah DIY saat menggeledah truk pengangkut rokok ilegal beberapa hari lalu

Petugas Bea Cukai Kanwil Jawa Tengah DIY saat menggeledah truk pengangkut rokok ilegal beberapa hari lalu

Bea Cukai Jateng DIY Gagalkan Peredaran Rokok Ilegal Jaringan Jawa Sumatera

Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Kanwil BC Jateng DIY, Moch Arif Setijo Nugroho, membeberkan, rokok ilegal yang diamankan itu dari berbagai merk. 

Kamis, 13 Agustus 2020 | 17:35 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang - Bea Cukai Kantor Wilayah Jawa Tengah dan DIY menggagalkan peredaran jutaan batang rokok ilegal jaringan Jawa-Sumatera yang berpotensi merugikan keuangan negara miliaran rupiah.

Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Kanwil BC Jateng DIY, Moch Arif Setijo Nugroho, membeberkan, rokok ilegal yang diamankan itu dari berbagai merk. "rokok ilegal yang kami gagalkan peredarannya ada sebanyak 3,8 Juta batang, dengan nilai Rp3,86 Miliar, sementara potensi kerugian negara sebesar Rp1,99 Miliar," kata Arif dalam keterangan persnya, Kamis (13/8).

Arif mengatakan penangkapan pertama jaringan peredaran rokok ilegal ini berawal dari adanya informasi dari intelijen bahwa ada pergerakan rokok ilegal dari Jepara menuju wilayah Sumatera. Saat itu juga tim Bea Cukai patroli di sepanjang jalan yang diperkirakan bakal dilalui oleh kendaraan para penyelundup. "Jalan itu antara lain di sepanjang Jalan Demak - Semarang dan Jalan Tol Semarang - Tegal," sambungnya. 

Dari hasil patroli itu, jajarannya menemukan satu buah  truk yang mengangkut 1,07 juta batang rokok illegal dengan nilai sebesar Rp1,09 miliar di daerah Kabupaten Pemalang. Rokok-rokok itu ditutupi dengan karung berisi cabai keriting untuk mengelabuhi petugas. 

Selanjutnya, penangkapan kedua dilakukan di Jalan Kaligawe Raya, Kota Semarang. Petugas, menyita sebuah truk yang mengangkut 780 ribu batang rokok illegal yang ditutupi muatan kerupuk. Dari penggagalan itu, negara diperkirakan merugi sebesar Rp795,6 juta.

Penggagalan terakhir, petugas Bea Cukai kembali menggagalkan peredaran rokok ilegal, dengan menyita satu buah truk berisi 1,96 Juta batang rokok tanpa dipasangi pita cukai 

"Rokok itu senilai Rp1,96 Milyar," lanjut Arif.

Seksi Penindakan I Bea Cukai Jateng-DIY, Thomas Aquino menambahkan bahwa jutaan rokok ilegal itu bakal dipasarkan para pelaku ke wilayah Sumatera yang menjadi pasar tersendiri. Wilayah itu antara lain Padang, Jambi, Pekanbaru dan Lampung

Thomas menegaskan, pelaku peredaran rokok illegal bakal terancam hukuman penjara paling lama lima tahun, dan atau membayar denda maksimal 10 kali nilai cukai yang seharusnya dibayar.

" Sanksi ini sesuai dengan Pasal 54 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2007 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1995 tentang Cukai," ujar Thomas. 
 

BERITA TERKAIT:
Bea Cukai Jateng DIY Gagalkan Peredaran Rokok Ilegal Jaringan Jawa Sumatera


tags: #peredaran #rokok ilegal #bea cukai

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI