Ilustrasi cegah karhutla, Foto: Istimewa

Ilustrasi cegah karhutla, Foto: Istimewa

Antisipasi Karhutla, BKPH Kabupaten Pekalongan Giatkan Patroli Gabungan

Masyarakat diimbau tidak membakar sampah di hutan.

Jumat, 14 Agustus 2020 | 20:15 WIB - Ragam
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Kajen – Untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) selama musim kemarau, jajaran Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Karanganyar bersama Polsek dan Koramil Lebakbarang menggiatkan patroli gabungan (patgab). Selain mensosialisasikan pencegahan karhutla, petugas memberikan penyuluhan tentang gangguan dan keamanan hutan.

Asper Karanganyar Suharno menyatakan patgab ini dilakukan untuk mencegah dan menanggulangi gangguan keamanan hutan dan karhutla di wilayah BKPH Karanganyar, Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Pekalongan Timur.

“Patgab ini sebagai bentuk sinergitas antara Perhutani, Polri, dan TNI,” ungkapnya, Jumat (14/8).

Dalam giat ini, petugas menyisiri area hutan dan memberikan penyuluhan kepada masyarakat di sekitar hutan dan penyadap getah pinus. Polsek dan koramil juga memberikan imbauan untuk mengantisipasi kebakaran hutan.

“Dalam penyuluhan ini kami mengimbau jangan sampai masyarakat membakar kotoran atau sampah di dekat hutan, tidak membuang puntung rokok di serasah hutan, dan membuka lahan dengan cara dibakar,” imbuhnya.

Kemudian, kata dia, masyarakat dan petani di sekitar hutan yang memiliki akses setiap hari ke hutan untuk bersama-sama mewaspadai kebakaran hutan. Jika ada titik api sekecil apa pun segera lapor ke petugas.

Sementara itu, Kapolsek Lebakbarang Iptu Sudiyono menyatakan patgab ini adalah tindak lanjut MoU yang sudah disepakati antara Perum dan Polri. “Kerja sama ini akan dilakukan secara berkelanjutan dan semoga dapat menciptakan keamanan hutan menjadi aman dan kondusif,” pungkasnya.


tags: #pekalongan #karhutla #kemarau

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI