Ilustrasi ASN

Ilustrasi ASN

Puluhan ASN di Jawa Tengah Tak Netral dalam Pilkada

"ASN yang tak netral itu terdapat di beberapa lingkungan diantaranya: ASN di lingkungan Provinsi Jawa Tengah, ASN di Purbalingga, Klaten, Sukoharjo, Kendal dan Kabupaten Semarang," pungkas Sri.

Jumat, 14 Agustus 2020 | 14:02 WIB - Politik
Penulis: Holy . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang – Jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di Jawa Tengah yang terbukti tidak netral dalam ajang pemilihan kepala daerah-wakil kepala daerah 2020 terus bertambah. Hingga 14 Agustus 2020, ASN di wilayah Jawa Tengah yang tak netral ada 63 orang. Jumlah ini tersebar di beberapa kabupaten/kota di Jawa Tengah yang menggelar pilkada tahun ini. 

Koordinator Divisi Penanganan pelanggaran pada Bawaslu Jawa Tengah; Sri Wahyu Ananingsih mengatakan bahwa kasus itu didapatkan pihaknya tidak hanya dari hasil temuan. Namun ada juga laporan dari berbagai pihak di tingkat kabupaten/ kota. 

"Bawaslu kabupaten/kota di Jawa Tengah sudah menangani dugaan ketidaknetralan ASN tersebut," kata Sri, dalam siaran persnya, melalui whatsapp, Jumat (14/8/2020).

Dari hasil pemeriksaan, ditemukan bahwa ASN itu melanggar netralitas ASN seperti yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN dan Peraturan PP No 42 tahun 2004 ttg pembinaan jiwa korps dan kode etik PNS. 

Sri menuturkan, sesuai ketentuan UU Pilkada, Bawaslu kabupaten/kota melaporkan pelanggaran netralitas ASN tersebut ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). 

"Hingga 14 Agustus 2020, KASN sudah banyak menindaklanjuti rekomendasi dari Bawaslu. Dari 63 ASN yang melanggar netralitas, KASN telah mengeluarkan sanksi rekomendasi kepada 61 ASN," sambung dia. 

Sanksi rekomendasi yang diberikan itu ada berbagai jenis, diantaranya hukuman disiplin sedang, sanksi moral, pembinaan dan pengawasan berupa teguran dan lain-lain. 

Sementara pelanggaran yang dilakukan juga beragam, diataranya ASN menghadiri kegiatan silaturahmi bakal calon kepala daerah-bakal calon wakil kepala daerah, mendukung salah satu bakal calon kepala daerah-bakal calon wakil kepala daerah, ASN mensosialisasi bakal calon kepala daerah-bakal calon wakil kepala daerah, ASN mendeklarasikan diri sebagai bakal calon kepala daerah-bakal calon wakil kepala daerah serta ASN memberikan dukungan politik melalui media sosial.

"ASN yang tak netral itu terdapat di beberapa lingkungan diantaranya: ASN di lingkungan Provinsi Jawa Tengah, ASN di Purbalingga, Klaten, Sukoharjo, Kendal dan Kabupaten Semarang," pungkas Sri.

BERITA TERKAIT:
Ganjar: Pak Herru Itu Nggak Punya Udel, Model ASN Sejati
Video Tujuh PNS Kota Semarang Langgar Netralitasnya Jelang Pilwalkot 2020
37 ASN di Pemkab Kudus Positif Corona
Bawaslu Jateng Himbau Para ASN Agar Netral dalam Pilkada 2020
Puluhan ASN di Jawa Tengah Tak Netral dalam Pilkada


tags: #asn #pelanggaran #bawaslu jawa tengah

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI