Ilustrasi ASN

Ilustrasi ASN

Bawaslu Jateng Himbau Para ASN Agar Netral dalam Pilkada 2020

"Para ASN itu harus bertindak profesional, tidak menceburkan diri dalam politik praktis serta lebih mengutamakan pelayanan  publik," kata Sri

Jumat, 14 Agustus 2020 | 18:58 WIB - Politik
Penulis: Holy . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang - Bawaslu Jawa Tengah mencatat ada 63 aparatur sipil negara (ASN) di Jateng tak netral dalam ajang pilkada 2020. 61 ASN diantaranya telah mendapatkan sanksi yang beragam. Meski telah ada sanksi, Bawaslu Jawa Tengah menyebut masih ada ASN yang tak netral dalam pilkada

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Sri Wahyu Ananingsih mewanti-wanti kepada para ASN untuk tetap menjaga netralitasnya dalam pilkada 2020. 

"Para ASN itu harus bertindak profesional, tidak menceburkan diri dalam politik praktis serta lebih mengutamakan pelayanan  publik," kata Sri, dalam siaran persnya, melalui whatsapp, Jumat (14/8/2020). 

Hal itu ditekankan Sri mengingat sesuai dengan Undang-Undang No 5 tahun 2014 tentang ASN dan Undang-Undang 10 tahun 2016 tentang pilkada, ASN wajib selalu bersikap netral. 

Di sisi lain, Sri mengaku jajarannya telah melakukan berbagai usaha pencegahan dan pengawasan dalam berbagai tahapan pilkada 2020. 

Namun bila pencegahan tak mampu menghentikan adanya dugaan pelanggaran, maka jajaran Pengawas akan memproses tindakan itu sesuai ketentuan hukum yang ada.

"Kami harap masyarakat juga turut berpartisipasi aktif dalam mengawasi pilkada. Jika menemukan dugaan pelanggaran, masyarakat bisa mengadukan laporan ke jajaran pengawas di masing-masing kabupaten/ kota," tandasnya. 
 


tags: #asn #pilkada #bawaslu jawa tengah

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI