Ilustrasi siswa dapat subsidi kuota internet gratis, Foto: Istimewa

Ilustrasi siswa dapat subsidi kuota internet gratis, Foto: Istimewa

SMP Muhammadiyah Kudus Bagikan Kuota Internet untuk Belajar Daring Siswa

Bantuan ini memakai dana BOS.

Minggu, 16 Agustus 2020 | 17:12 WIB - Didaktika
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, KudusSMP Muhammadiyah Kudus mensubsidi kuota internet gratis untuk belajar daring siswanya. Hal ini dalam rangka meringankan beban orang tua dalam proses pembelajaran daring di tengah pandemi corona.

“Pembagian subsidi kuota internet sudah dua kali kami lakukan, yang pertama di bulan Mei. Pada saat itu, kami memberikan kuota internet pada semua siswa dengan provider yang sama. Namun yang kedua ini kami berikan sesuai dengan provider masing-masing siswa,” ungkap Kepala SMP Muhammadiyah Kudus Ali Zamroni, Sabtu (15/8).

Terkait teknis, kata dia, sebelumnya didata memakai Google Form untuk menawarkan kuota internet gratis tersebut. Namun dari 634 siswa, ada yan tidak mengajukan subsidi kuota.

“Yang mengajukan 590 siswa, jadi 44 siswa tidak mengajukan. Kebanyakan yyang tidak mengajukan dari kalangan mampu. Selain itu, di rumah juga sudah ada WiFi. Pengambilannya oleh orang tua atau yang mewakili. Jika ada siswa yang datang juga harus ada yang mendampingi,” imbuhnya.

Setiap siswa, lanjut dia, mendapatkan kuota internet bernominal Rp30 ribu. Kegiatan ini dibarengi pembagian buku dan pengumpulan tugas. “Tiap provider dengan nominal Rp30 ribu itu berbeda-beda dapatnya. Mulai dari 4 GB bahkan ada dari provider tertentu yang bisa mencapai 10 GB. Pemberian kuota internet gratis ini kami menggunakan pendanaan dari BOS,” ujarnya.

Ia berharap subsidi kuora internet unu dapat sedikit meringankan beban siswa dan orang tua dalam pembelajaran daring. “Yang jelas subsidi kuota internet ini belum mencukupi kebutuhan siswa. Namun harapannya, bisa sedikit membantu meringankan beban orang tua dalam pengadaan kuota internet,” tutupnya.

BERITA TERKAIT:
SMP Muhammadiyah Kudus Bagikan Kuota Internet untuk Belajar Daring Siswa


tags: #kuota internet #smp muhammadiyah #pembelajaran daring #subsidi #kudus

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI