Hendrawan Supratikno. Foto istimewa

Hendrawan Supratikno. Foto istimewa

PDIP Bela Ahok Terkait Buka "Aib" Pertamina

Sikap mantan Gubernur DKI Jakarta itu membawa semangat menuju perubahan lebih baik di Pertamina.

Rabu, 16 September 2020 | 12:47 WIB - Politik
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Jakarta- Politisi PDIP Hendrawan Supratikno membela pernyataan Komisaris Utama PT Pertamina Persero, Basuki Tjahaja Purnama (BTP). Terkait borok Pertamina yang disampaikan Ahok sapaan akrab BTP.

Sebelumnya anggota Komisi VI DPR Andre Rosiade meminta Presiden Joko Widodo untuk mencopot dari Ahok dari jabatannya sebagai Komisaris Pertamina karena dinilai Andre membuat gaduh. 

Namun menurut Hendrawan sikap mantan Gubernur DKI Jakarta itu membawa semangat menuju perubahan lebih baik di Pertamina. Sedangkan sikap Andre dinilai Hendrawan berlawanan dengan Ahok.

"Pilih mana, gaduh tapi ada perubahan ke arah lebih baik atau tenang namun penyakit perusahaan tersimpan rapi dalam laci? Hidup damai dalam status quo dengan segenap kebobrokan yang hanya bisa dirasakan atau bergejolak tetapi sedang mencari solusi di luar kelaziman? Ini dua sudut pandang pendekatan manajerial," ungkap Hendrawan Supratikno, Rabu (16/9/2020).

"Ahok merepresentasikan semangat revolusioner untuk memecah kebekuan. Andre ingin pendekatan evolusioner dalam kesenyapan," lanjutnya.

Bila ingin ada perubahan baik di Pertamina, menurut Hendrawan, dibutuhkan keberanian seperti sosok Ahok. Selain itu, Hendrawan juga mendukung Ahok membongkar pejabat nakal di Pertamina, meski begitu dirinya mengingatkan Ahok untuk tetap menjaga sikapnya.

"Ini seperti pedal gas dan rem. Dipakai dalam kondisi-kondisi yang berbeda. Tinggal lihat 'sikon'-nya, untuk BUMN yang penyakitnya sudah karatan, dengan sedimen pat- patgulipat yang sudah mengerak, dibutuhkan dosis keberanian mendobrak yang tinggi. Dalam bahasa Iwan Fals, 'bongkar!' Meski demikian, Ahok juga harus 'tahu batas', jangan sampai remnya blong," terangnya.


 

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI