Ilustrasi hamil positif Covid-19. Foto: Istimewa.

Ilustrasi hamil positif Covid-19. Foto: Istimewa.

Tiga Ibu Hamil di Sukoharjo Terkonfirmasi Positif Covid-19, Ini Sebabnya!

Untuk antispasi, sedikitnya 10 ibu hamil asal Sukoharjo menjalani tes swab gratis.

Sabtu, 26 September 2020 | 06:10 WIB - Kesehatan
Penulis: Fauzi . Editor: Ririn

KUASAKATACOM, Sukoharjo - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, menyebut perempuan hamil rentan terpapar Covid-19.

Dalam hal ini, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sukoharjo, Yunia Wahdiyati menjelaskan bahwa biasanya pada perempuan hamil terjadi anemia, meski tidak semua. Hal tersebut yang menyebabkan ibu hamil lebih rentan terjangkit virus Corona.

Yunia sapaan akrabnya, memaparkan, jika kondisi penurunan HB di tubuhnya dapat dikompensasi, maka seorang ibu hamil bisa bugar menjalani kehamilannya. Namun jika terjadi sebaliknya, jika tidak bisa dikompensasi, maka untuk kebutuhannya sendiri saja kurang. Akibatnya, daya tahan tubuh keseluruhan juga berkurang, apalagi bila terinfeksi Covid-19.

"Dari kondisi fisiologisnya, dengan adanya janin, maka kebutuhan oksigenasi meningkat. Apabila kondisi penurunan HB di tubuhnya dapat dikompensasi, maka seorang ibu hamil bisa bugar menjalani kehamilannya,” terang Yunia.

Untuk antispasi, sedikitnya 10 ibu hamil asal Sukoharjo  menjalani tes swab gratis. Setelah menjalani tes tersebut, tiga di antara 10 ibu hamil itu dinyatakan positif Covid-19.

Terkait hal tersebut, salah seorang kepala desa di Kecamatan Weru mengatakan, di desanya ada 10 ibu hamil yang menjalani swab. Hasilnya, tiga ibu hamil dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. "Kasus positif bertambah karena ada program swab gratis," ujar kepala desa tersebut, Jumat (25/9).

Kendati demikian, ketiga ibu hamil yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu dalam kondisi yang baik, tanpa gangguan kesehatan. Bahkan, ketiganya tidak ada yang menjalani perawatan intensif di rumah sakit. "Mereka isolasi mandiri dirumah. Kondisinya sehat, baik-baik saja. Masih 10 hari lagi isolasi," pungkasnya.

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI