Diego Jota mencetak gol ke gawang Arsenal untuk membawa Liverpool unggul 3-1. Foto: Istimewa.

Diego Jota mencetak gol ke gawang Arsenal untuk membawa Liverpool unggul 3-1. Foto: Istimewa.

Liverpool Vs Arsenal: The Reds Bungkam Arsenal 3-1

Liverpool berhasil mengalahkan perlawanan Arsenal meski sempat tertingal terlebih dahulu.

Selasa, 29 September 2020 | 05:21 WIB - Olahraga
Penulis: Fauzi . Editor: Ririn

KUASAKATACOM - Memasuki laga pekan ketiga Liga Inggris musim ini, Liverpool berhasil mengalahkan perlawanan Arsenal meski sempat tertingal terlebih dahulu.

Pada laga Liverpool vs Arsenal tersebut, peluang pertama dihadirkan oleh Liverpool di menit ke-11. Virgil van Dijk berhasil meyundul umpan silang Trent Alexander-Arnold dari sisi kanan. Namun sundulan Van Dijk  ke pojok kiri gawang Bernd Leno ini masih mampu dimentahkan David Luiz dengan kepalanya. Gawang Arsenal masih aman.

Lagi-lagi The Reds menebar ancaman ke gawang Arsenal, umpan Alexander-Arnold dari sisi kanan kembali menjadi sumber bahaya untuk Arsenal. Pada menit ke-15, umpan tariknya mampu disambar oleh Sadio Mane. Upaya Mane tersebut masih mampu dihalau oleh Leno.

Pada menit ke-21, tim tuan rumah hampir saja memecah kebuntuan lewat epekan Alexander-Arnold dari luar kotak penalti terdefleksi Hector Bellerin sehingga mengecoh Leno. Kali ini, giliran mistar gawang yang menyelamatkan gawang The Gunners dari kebobolan.

Di sisi lain, Arsenal justru mampu mencuri gol lebih dulu di menit ke-25 meski terus ditekan. Gol tercipta lewat sebuah serangan balik cepat, Ainsley Maitland-Niles terbebas di sisi kiri.

Andrew Robertson gagal menghalau umpan silang Maitland-Niles dengan baik. Robertson justru membuang bola mengarah ke Alexandre Lacazette yang berdiri di depan gawang Liverpool. Sepakan Lacazette memperdayai Alisson. Gol! Arsenal unggul 1-0.

Tidak tinggal diam, Liverpool langsung berupaya mengejar ketertinggalam atas The Gunners. Aksi Salah dari sisi kanan mampu menerobos hingga ke kotak penalti Arsenal. Ia lalu melepas tembakan yang masih bisa ditepis Leno. Bola muntah kemudian mengarah ke Mane. Mane lewat satu sentuhan pelan menggetarkan jala Leno. Gol! Skor berubah menjadi 1-1.

Pada menit ke-34, Robertson menebus kesalahan atas gol Arsenal. Umpan silang Alexander-Arnold dari sisi kanan, bola mengarah ke kotak penalti.

Para pemain Arsenal terlalu berfokus untuk menjaga Mane. Namun, bola ternyata tak bisa disundul Mane. Bola yang lolos dari Mane mengarah ke Robertson yang muncul dari belakang. Mengontrol bola dengan baik, Robertson kemudian menyontek bola mendahului Leno yang berusaha melakukan sergapan. Gol! Liverpool berbalik unggul 2-1. Hingga turun minum, skor tidak berubah, Liverpool unggul 2-1 atas Arsenal.

Usai turun minum, Liverpool masih bermain agresif. Van Dijk yang naik membantu serangan melepas sepakan keras dari luar kotak penalti pada menit ke-62. Namun, Leno masih bisa menepis sepakan tersebut.

Pada menit ke-60 Arteta berusaha merubah alur laga dengan memasukakn Dani Ceballos menggantikan Granit Xhaka. Ceballos langsung menebar ancaman ke gawang tuan rumah. Umpan terobosannya membebaskan Lacazette dari pengawalan pemain belakang Liverpool di menit ke-62. Namun, sepakan yang dilepaskan Lacazette masih belum menggoyahkan Alisson.

Jual beli serangan dari kedua kubu terus terjadi di 10 menit terakhir. Hingga pemain anyar Liverpool yang baru dimainkan Diogo Jota berhasil membuat gol debut di menit ke-88.

Berawal dari bola liar dari sundulan Hector Bellerin, JOta melepas sepakan terukur dari luar kotak penalti. Bola sepakan Jota mengarah ke pojok kanan gawang Arsenal dengan Leno yang tak bereaksi. Gol! Liverpool menjauh 3-1. Hingga laga usai, Liverpool berhasil mengamankan tiga angka di Anfield.

Susunan Pemain

Liverpool: Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Naby Keita (James Milner 79'), Fabinho, Georginio Wijnaldum; Mohamed Salah, Roberto Firmino (Takumi Minamino 90') , Sadio Mane (Diogo Jota 80').

Arsenal: Bernd Leno; Rob Holding, David Luiz, Kieran Tierney; Hector Bellerin, Mohamed Elneny, Granit Xhaka (Dani Ceballos 60'), Ainsley Maitland-Niles; Willian (Nicolas Pepe 68'), Alexandre Lacazette (Edward Nketiah 74'), Pierre-Emerick Aubameyang.

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI