Kegiatan seminar di Museum Kretek Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, dengan tema

Kegiatan seminar di Museum Kretek Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, dengan tema

Pemkab Kudus Promosikan Museum Lewat Seminar

Promosi akan dilakukan selama sembilan hari.

Selasa, 29 September 2020 | 07:20 WIB - Budaya
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Kudus – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus mempromosikan museum di wilayahnya dengan menggelar seminar yang menghadirkan berbagai kalangan masyarakat.

Salah satu museum yang menggelar seminar adalah Museum Kretek Kudus yang menghadirkan berbagai komunitas masyarakat dengan tema "Belajar di museum, kejutan ragadaya".

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus Lilik Ngesti Widiasuryani menjelaskan seminar itu bertujuan mengajak masyarakat mau berkunjung ke museum.

Ia berharap, masyarakat akan semakin tertarik untuk mengetahui lebih jauh koleksi yang ada di museum.

Terkait alasan memilih museum sebagai tempat seminar, kata dia, selain mengikuti seminar, sekaligus berkunjung ke museum.

Lebih lanjut, ia menjelaskan rencananya digelar selama sembilan hari dengan tempat kegiatan memanfaatkan museum yang ada di Kudus.

"Harapannya, mereka juga tertarik untuk melihat secara detail isi museum sehingga nantinya bisa menjadi pihak yang ikut mempromosikan museum yang dikunjungi kepada orang lain," ucapnya.

Kemudian, promosi ini bertujuan mengedukasi kepada masyarakat terkait benda-benda cagar budaya yang ada di Kabupaten Kudus yang patut dilindungi dan dilestarikan.

Ia menganggap tanpa dukungan masyarakat luas, tentunya sulit untuk bisa mempertahankan keberadaan benda cagar budaya yang jumlahnya kian berkurang.

Sementara itu, Kepala UPT Museum Kretek Kudus Yusron mengaku berterima kasih dengan adanya kegiatan seperti ini karena museum memang tempat belajar.

Menurutnya, museum juga penting untuk masyarakat luas, terutama generasi muda agar bisa merasakan manfaat keberadaan museum daerah tersebut sebagai suatu kebutuhan pendidikan, sejarah, dan budaya.

Seminar seperti ini, dianggap sebagai salah satu langkah yang tepat dalam menarik antusias berbagai pihak untuk meramaikan museum daerah.

Pembicara dalam seminar tersebut adalah Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sejarah SMA Jupriyono, dan Peneliti dan Pengembangan MGMP Sejarah Indri Siswanti.

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI