Ilustrasi  musim hujan. Foto: Istimewa.

Ilustrasi musim hujan. Foto: Istimewa.


Diprediksi Datang La Lina di Musim Penghujan

Masyarakat Karanganyar Diimbau Waspada Bencana Alam

Pemerintah Kabupaten Karanganyar berupaya menekan dampak bencana.

Sabtu, 10 Oktober 2020 | 12:55 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Ririn

KUASAKATACOM, Karanganyar - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memprediksi datangnya La Nina pada musim penghujan kali ini. Oleh karena itu, Pemkab Karanganyar mengingatkan kepada masyarakat agar siap siaga terhadap bencana alam.

Diketahui, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, menjadi langganan bencana alam tanah longsor, angin ribut, pohon tumbang, dan banjir saat penghujan. Maka dari itu, Pemerintah Kabupaten Karanganyar berupaya menekan dampak bencana.

Terkait hal tersebut, Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengungkapan bahwa sukarelawan dan masyarakat yang tinggal di wilayah rawan bencana alam di Kabupaten Karanganyar sudah terlatih.

BERITA TERKAIT:
Besok, Ganjar Akan Patroli Jalan Rusak di Wilayah Pantura
Video: BMKG Himbau Warga Terkait Puncak Musim Hujan
Banjir dan Tanah Longsor Jadi Ancaman Saat Musim Hujan di Kota Semarang
Cuaca Ekstrem, Ini Daerah di Kudus yang Rawan Banjir dan Longsor
Rawan Longsor, Tiga Wilayah di Karanganyar Ini Jadi Desa Tanggap Bencana
Masyarakat Karanganyar Diimbau Waspada Bencana Alam

bencana alam di Karanganyar itu tanah longsor, angin kencang, dan pohon tumbang. Fungsi kami membantu menangani. Masyarakat sudah familiar, terlatih. Sukarelawan bergerak cepat, terlatih, dan jumlah banyak. Kalau ada pohon tumbang dalam hitungan menit dikeroyok bareng-bareng rampung. Itu koordinasi ada di BPBD,” tuturnya.

Orang nomor satu di Pemkab Karanganyar itu berharap supaya Polres Karanganyar dapat mengingatkan masyarakat terkait kewaspadaan terhadap bencana alam saat musim penghujan. Hal tersebut bisa dimulai dari pengecekan kesiapan peralatan dan personel. Dengan begitu, diharapkan dapat menekan dampak bencana alam.

Menindak lanjuti imbauan Pemkab itu, Polres Karanganyar telah melaksanakan apel tanggap bencana di lapangan Wira Satya Polres Karanganyar, Rabu (7/10/2020). Dalam apel tersebut turut didatangkan kendaraan dan peralatan pendukung penanggulangan bencana.

Selain itu, Perwakilan dari anggota Polres Karanganyar, BPBD Kabupaten Karanganyar, Satpol PP, Unit Pemadam Kebakaran, Dishub Karanganyar, Tim SAR Karanganyar, dan sukarelawan di Kabupaten Karanganyar juga turut hadir dalam apel tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, KaPolres Karanganyar, AKBP Leganek Mawardi menjelaskan, apel tanggap bencana untuk mengecek kesiapan personel dan sarana prasarana.

“Sarana prasarana untuk mempercepat penanganan (bencana alam). Kami bersinergi melayani masyarakat untuk menanggulangi bencana. BMKG kan sudah memprediksi La Nina. Akhir-akhir ini angin cukup kencang sehingga butuh kesiap-siagaan teman-teman” tuturnya.

Lebih lanjut, AKBP Leganek menyebut, sukarelawan memiliki peran penting mendukung pemerintah menangani dampak bencana alam pada musim penghujan. Ia berharap sukarelawan di Kabupaten Karanganyar membantu pemerintah mengingatkan masyarakat agar lebih waspada terhadap tanda-tanda dari alam.

AKBP Leganek menambahkan, “Sukarelawan gabungan ikut menangani bencana. Mereka ini peduli dengan alam dan bersama stakeholder menjaga daerah rawan bencana alam. Mereka garda terdepan penanganan bencana alam yang sewaktu-waktu datang. Sekarang sudah memasuki masa rawan” pungkasnya.


tags: #musim hujan #bencana alam #karanganyar #polres

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI