Ilustrasi hujan, Foto: Istimewa

Ilustrasi hujan, Foto: Istimewa

Cuaca Ekstrem, Ini Daerah di Kudus yang Rawan Banjir dan Longsor

Daerah Jekulo sering terjadi limpasan dan permasalahan sampah.

Rabu, 14 Oktober 2020 | 10:29 WIB - Ragam
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Kudus - musim hujan di tahun ini diprakirakan disertai cuaca ekstrem. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus telah memetakan daerah rawan bencana longsor dan banjir di Kudus.

“Kami sudah memberikan imbauan lewat surat resmi ke desa dan kecamatan. Hal itu sesuai dengan edaran yang diberikan BMKG bahwa tahun ini intensitas hujan lebih tinggi dibandingkan tahun lalu, karena adanya faktor La Lina,” jelas Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsaiagaan BPBD Kudus Wiyoto, Selasa (13/10).

Daerah yang berpotensi longsor, kata dia, berada di wilayah atas, seperti daerah Gebog dan Dawe. Sedangkan di Kesambi, beberapa daerah di Kecamatan Jati, Kaliwungu, dan Jekulo rawan banjir.

BERITA TERKAIT:
Cuaca Ekstrem, Ini Daerah di Kudus yang Rawan Banjir dan Longsor

Daerah Jekulo, lanjut dia, sering terjadi limpasan dan permasalahan sampah. Sedangkan bencana kebakaran tidak dapat diprediksi. Ia pun mengaku pihaknya telah mengimbau  masyarakat siap dan siaga, sehingga dapat mengurangi risiko yang terjadi.

“Kami juga sosialisasi untuk peningkatan kapasitas kewaspadaan dengan cara memberikan penambahan pengetahuan masyarakat dan relawan di desa. Semacam pengetahuan secara dini. Sehingga masyarakat tahu saat menghadapi jika terjadi bencana,” pungkasnya.


tags: #longsor dan banjir di kudus #cuaca ekstrem #musim hujan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI