ILustrasi Banjir

ILustrasi Banjir

Basarnas Semarang Antisipasi Dampak Bencana Alam di Beberapa Daerah Akibat La Nina

"Kami menyiagakan 120 personel untuk antisipasi banjir dan longsor selama musim hujan," kata Yahya

Jumat, 16 Oktober 2020 | 14:42 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang - Badan SAR Nasional Semarang telah mempersiapkan sejumlah personil beserta peralatan guna mengantisipasi dampak buruk dari La Nina. Pasalnya, menurut badan SAR ada potensi terjadi bencana banjir dan tanah longsor di sejumlah daerah akibat La Nina.

Kepala Badan SAR Semarang Nur Yahya mengatakan sejauh ini pihaknya telah menyiapkan ratusan personil internal. Personil itu disiapkan untuk antisipasi terjadinya dampak buruk dari hujan akibat La Nina. Potensi hujan itu cukup deras dan bisa menyebabkan banjir serta tanah longsor.

Potensi hujan deras itu merujuk dari prakiraan cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang menyatakan ada peningkatan curah hujan selama Oktober sampai Desember karena dipengaruhi fenomena La Nina.

BERITA TERKAIT:
Fenomena La Nina Moderat Membuat Curah Hujan di Cilacap Meningkat 100%
Basarnas Semarang Antisipasi Dampak Bencana Alam di Beberapa Daerah Akibat La Nina

"Kami menyiagakan 120 personel untuk antisipasi banjir dan longsor selama musim hujan," kata Yahya, kepada KuasaKatacom, Jumat (16/10/2020). 

Jumlah personil itu nantinya didukung oleh ribuan relawan yang tersebar di berbagai kabupaten/ kota yang menjadi wilayah penanganan SAR Semarang. 

Selain didukung dengan ribuan relawan, petugas juga didukung dengan sejumlah peralatan penyelamatan korban yang memadai. Saat ini SAR Semarang memiliki sejumlah perahu karet dan motor tempel serta alat-alat penanggulangan bencana lainnya yang sudah ditingkatkan kualitasnya.

"Peralatan untuk pertolongan korban kecelakaan air sudah siap. Kesiapsiagaan sudah ditingkatkan supaya bisa memberikan reaksi yang cepat kalau ada laporan bencana di sejumlah daerah," sambungnya. 

Yahya pun menyebutkan beberapa wilayah yang kemungkinan terdampak banjir dan tanah longsor akibat La Nina. Diantaranya yaitu Pekalongan, Wonosobo, Demak dan Pati. 

"Untuk daerah seperti pesisir Pekalongan, Pati, Demak dan sebagian kecil Kota Semarang patut diwaspadai. Karena di situ tahun-tahun sebelumnya sering terkena banjir dan limpasan rob. Kemudian di Wonosobo juga ada resiko terjadinya tanah longsor mengingat areanya berada di perbukitan," ucap Yahya.

Pihaknya pun mewanti-wanti masyarakat setempat agar waspada dengan potensi bencana malam. 
 


tags: #la nina #tanah longsor #banjir #badan sar semarang

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI