Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Semarang Nur Indah Yuniati, Foto: KUASAKATACOM

Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Semarang Nur Indah Yuniati, Foto: KUASAKATACOM

Dengan PKW, SMK Mutu Semarang Yakin Indonesia Tak Kalah dengan Bangsa Lain

Pelatihan ini diberikan agar peserta tak hanya mampu membuat produk. Tetapi juga memasarkannya.

Sabtu, 17 Oktober 2020 | 15:58 WIB - Ekonomi
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Semarang - SMK Muhammadiyah 1 Semarang (SMK Mutu) mengadakan kegiatan Pelatihan Kecakapan Wirausaha (PKW), Sabtu (17/10). PKW dibiyai oleh Kemensikbud Dirjen Vokasi dan Direktorat Kursus dan pelatihan. Pelatihan ini diikuti oleh 30 generasi muda asal Semarang dan sekitarnya yang direkrut melalui proses seleksi. 

"Kita SMK Muhammadiyah 1 Semarang saat ini mendapatkan amanah dari Kemendikbud dalam bentuk bantuan memfasilitasi pendidikan kecakapan wirausaha yang saat ini memang kita di sini bekerja sama dengan industri PT Kuasa Kata," ungkap Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Semarang Nur Indah Yuniati.

Kuasa Kata ini, kata dia, nantinya akan memberikan pelatihan-pelatihan pada peserta. Masing-masing dari peserta ini akan ada pertanggungjawaban penugasan-penugasan untuk mengeksplor jiwa wirausaha mereka. 

"Jadi nanti betul-betul mereka akan dicetak menjadi seorang wirausahawan yang handal, yang nantinya sesuai dengan spek yang kita ambil untuk pelatihan kali ini di jurnalistik, ya," bebernya. 

Kemudian, lanjut dia, akan ada pelatihan digital marketing agar peserta tidak hanya bisa membuat produk. Tetapi mampu memasarkannya.

"Harapannya nanti dengan adanya kegiatan seperti ini contohnya dari kerjasama yang sangat bagus antara regulator kita, pemerintah, kemudian kami selaku institusi pendidikan dan dari dunia praktisi dunia usaha industri itu bener-bener tersinergi," bebernya. 

Dengan demikian, apa yang diharapkan kelak di tahun 2045, bonus demografi Indonesia memiliki potensi sumber daya manusia yang handal.

"Itu bisa terwujud dan kita Indonesia tidak akan pernah kalah dengan bangsa-bangsa lain di dunia dengan memiliki sumber daya manusia yang mumpuni," tutupnya.

Nantinya peserta ini akan dilatih kecakapan wirausaha dengan tiga materi. Materi tersebut meliputi kewirausahaan, keterampilan membuat aplikasi berbasis web dan android, dan pendampingan usaha.


tags: #smk muhammadiyah 1 semarang #pelatihan kecakapan wirausaha # agustina wilujeng pramestuti

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI