Ilustrasi

Ilustrasi

Sinovac Bantah Harga Vaksinnya Rp28 Ribu

Sinovac mengatakan biaya pengiriman setiap dosis vaksin sudah memakan biaya sekitar dua dolar AS atau sekitar Rp29 ribu.

Sabtu, 17 Oktober 2020 | 20:32 WIB - Kesehatan
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Jakarta- Di media sosial Facebook beredar klaim vaksin virus Corona atau Covid- 19 di Brasil dijual seharga Rp28 ribu. Sedangkan di Indonesia sendiri vaksin tersebut rencananya dijual Rp300 ribu. 

Dalam unggahan tersebut disertakan juga tautan dari harianaceh.co.id berjudul "Harga Vaksin China Sinovac di Brasil Cuma Rp28.000, Kenapa Indonesia Rp300.000?".

Berikut narasi lengkap unggahan itu dibuat:  

"Gila! 1000% lebih mahal di Indonesia harga vaksinya. Dikerjain lagi rakyat!"

Namun, apa benar harga vaksin di Brazil dibanderol hanya Rp28 ribu?

Setelah dilakukan penelusuran di Harianaceh.co.id, harga itu disebutkan sebagai dugaan.

Perusahan Sinovac sendiri selaku pembuat vaksin, dalam artikel Global Times berjudul www.globaltimes.cn telah membantah harga vaksin mereka dengan harga yang murah itu.

Sinovac mengatakan biaya pengiriman setiap dosis vaksin sudah memakan biaya sekitar dua dolar AS atau sekitar Rp29 ribu.

Tentunya artikel itu menyebutkan terjadi kesalahpahaman soal harga vaksin saat Gubernur Sao Paulo Joao Doria mengumumkan negara Brasil telah menandatangani kontrak senilai 90 juta dollar AS untuk 46 juta dosis nonaktif vaksin Sinovac.

Pengumuman itu menyebabkan spekulasi bahwa harga vaksin COVID-19 yang ditawarkan China ke Brazil seharga 1.96 dollar AS per dosis atau sekitar Rp28 ribu.


tags: #china #indonesia #vaksin sinovac #brasil

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI