Ketua DPRD Blora HM. Dasum saat melantik istrinya sendiri Hj. Kartini dalam rapat paripurna di gedung DPRD Blora, Senin (19/10), Foto: Istimewa

Ketua DPRD Blora HM. Dasum saat melantik istrinya sendiri Hj. Kartini dalam rapat paripurna di gedung DPRD Blora, Senin (19/10), Foto: Istimewa

Pertama dalam Sejarah, Ketua DPRD Blora Lantik Istri Sendiri

Darsum mengimbau para perempuan tak takut berpolitik.

Rabu, 21 Oktober 2020 | 10:58 WIB - Politik
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, BloraKetua DPRD Blora M Dasum melantik istrinya sendiri Kartini di gedung DPRD, Senin (19/10). Kartini dilantik sebagai Pengganti Antar Waktu (PAW) DPRD Blora menggantikan Dwi Astutiningsih yang maju Pilbup Blora. Selain itu, Lusiyono pun dilantik menggantikan Tri Yuli Setyowati yang mengundurkan diri dan maju sebagai calon wakil bupati Blora. Kartini dan Lusiyono masuk di Komisi A.

Ketua DPRD Blora M Dasum mengaku, saat ini jumlah kursi DPRD kembali penuh menjadi 45 orang. ”Bu Kartini menggantikan Dwi Astutiningsih. Sementara Lusiyono menggantikan Tri Yuli Setyowati,” ujarnya, Selasa (20/10).

Darsum menilai ini adalah momen sejarah bagi Blora. Pasalnya di DPRD Blora pernah ada suami istri yang menjadi dewan. ”Ya ini membuat sejarah di Blora. Ketua dewan melantik istrinya sendiri,” tukasnya.

Pria yang juga menjabat sebagai ketua DPC PDIP Blora ini berharap anggota dewan baru harus bisa segera menyesuaikan dengan anggota lain. Untuk agenda dewan, ada pembahasan KUPPAS 2021. Rencananya, awal November sudah selesai.

Sementara itu anggota DPRD baru Kartini menegaskan akan sungguh-sungguh menjalankan amanah. ”Pada hari ini (kemarin, Red) dilantik. Berjalan lancar. Amanah ini akan saya jalankan sebaik mungkin untuk memajukan Blora. Khususnya di dapil 1,” jelasnya.

Ibu satu anak ini mengaku tak pernah membayangkan akan menduduki kursi DPRD. Pasalnya, perolehan suaranya di urutan ke empat. ”Saya di bawahnya Mas Teguh. Tapi, ternyata Mas Teguh mengundurkan diri. Terus saya yang maju,” imbuhnya.

Di sisi lain, anggota DPRD baru lainnya Lusiyono mengaku, untuk saat ini dia akan menyesuaikan diri dengan kegiatan yang sudah berjalan di Komisi A. ”Kami mengikuti dulu. Karena kami juga akan ada gawe. Yaitu Pilkada 2020. Untuk itu, harus siap memenangkan calon yang didukung PDIP,” ucap anggota dewan dari dapil 2 ini.

Dengan ini, Darsum pun mengimbau para perempuan tak takut berpolitik. Pasalnya sekarang partai apapun, 30 persen harus ada keterwakilan perempuan. Bahkan saat ini DPRD Blora punya lima anggota perempuan, sedangkan sebelumnya enam orang. ”Perempuan jangan takut (berpolitik). Mudah-mudahan ke depan bisa membawa aspirasi yang diwakili,” tpungkasnya.
 

BERITA TERKAIT:
Pertama dalam Sejarah, Ketua DPRD Blora Lantik Istri Sendiri


tags: # sejarah bagi blora #ketua dprd blora m dasum melantik istrinya

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI