Exxon Bantah Klaim Trump Terkait Dana Kampanye

Dana kampanye yang dikumpulkan Trump saat ini jauh melebihi calon dari Partai Republik di tiga pemilihan presiden terakhir.

Rabu, 21 Oktober 2020 | 21:44 WIB - Internasional
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, New York- Usai klaim yang dilontarkan Presiden AS Donald Trump, kini ExxonMobil, perusahaan minyak dan gas asal Amerika Serikat (AS) membantah adanya kongkalikong antara CEO ExxonMobil Darren Woods dengan Presiden AS tersebut.
 
Sebelumnya Exxon disebut Trump saat dia berkampanye di Arizona. Saat itu Trump membanggakan dirinya mampu menggalang dana lebih besar dibanding pesaingnya Joe Biden.

"Kami mengetahui pernyataan Presiden mengenai panggilannya dengan CEO kami ... dan agar menjadi jelas, itu tidak pernah terjadi," cuit Exxon dalam akun Twitter resminya dikutip dari CNN, Rabu (21/10/2020).

Selama ini Trump selalu sesumbar dirinya adalah pendukung kuat industri bahan bakar fosil. Karena itulah, dia beranggapan unggul dibandingkan Biden. Sebab menurut Trump, ia lebih mudah dapat menggalang dana kampanye dari industri minyak dan gas tersebut.

Saat ini, hampir US$ 13 juta berhasil dikumpulkan Trump. Dana sebesar itu didapatnya dari individu di perusahaan minyak dan gas. Dana sebanyak itu, menurut sebuah kelompok penelitian di AS OpenSecrets jauh lebih besar dibandingkan dana kampanye Biden yang hanya US$ 976.000.

OpenSecrets juga mengulas dana kampanye yang dikumpulkan Trump saat ini jauh melebihi calon dari Partai Republik di tiga pemilihan presiden terakhir.

Karena itu, Trump langsung sesumbar dengan menyebut dirinya sebagai penggalang dana kampanye terbesar dalam sejarah. Untuk dana kampanyenya, Trump meminta kepada Exxon sebanyak US$ 25 juta atau Rp 366 miliar (kurs Rp 14.655).

"Jadi saya menelepon seseorang, CEO Exxon....'Hai, bagaimana kabarmu? Bagaimana energinya datang? Kapan kamu melakukan eksplorasi? Oh, kamu butuh beberapa izin, ya? Oke .... Aku ingin kamu mengirimiku US$ 25 juta untuk kampanye," kata Trump.

BERITA TERKAIT:
GSA Mengakui Kemenangan Biden, Masa Transisi Dijalankan
Biden: Trump Sama Sekali Tidak Bertanggung Jawab
Tiga Pengacara Trump Mundur dari Tim Gugatan Pilpres
Usai Dilantik Biden Tidak Mau Bertemu Trump
Trump Tak Akui Kalah, Seorang Petaruh Belum Dibayar
Lima Miliarder Sokong Kemenangan Biden Atas Trump
Guna Ambil Alih Pemerintahan, Biden Luncurkan Situs Transisi


tags: #trump #donald trump #amerika serikat #biden

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI