KH Abdullah Syukri Zarkasyi. Foto istimewa

KH Abdullah Syukri Zarkasyi. Foto istimewa

KH Abdullah Syukri Zarkasyi, Pimpinan Ponpes Gontor Meninggal Dunia

KH Abdullah Syukri merupakan putra pertama dari KH Imam Zarkasyi, salah seorang Trimurti Pendiri Pondok Modern Darussalam Gontor.

Rabu, 21 Oktober 2020 | 18:15 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Ponorogo- Kabar duka menyelimuti Pondok Modern Darussalam Gontor, Ponorogo, Jawa Timur. Pimpinan Ponpes tersebut KH Abdullah Syukri Zarkasyi pada Rabu (21/10/2020) sekitar pukul 15.50 WIB meninggal dunia. 

KH Abdullah Syukri Zarkasyi meninggal dunia di rumah Gontor.

KH Abdullah Syukri merupakan putra pertama dari KH Imam Zarkasyi, salah seorang Trimurti Pendiri Pondok Modern Darussalam Gontor. KH Abdullah lahir di Gontor pada tanggal 19 September 1942. 

Tercatat KH Abdullah Syukri Zarkasyi menamatkan Sekolah Dasar di desa Gontor pada tahun 1954. Kemudian beliau menamatkan Kulliyatu-l-Mu'allimin Al-Islamiyah (KMI) di Pondok Modern Darussalam Gontor.

Selanjutnya pada tahun 1960, KH Abdullah Syukri melanjutkan pendidikan di IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta hingga berhasil mendapatkan gelar Sarjana Muda tahun 1965.

Pada tahun 1976 KH Abdullah Syukri mendapatkan gelar Lc dari Al Azhar University Kairo, Mesir. Selanjutnya beliau masih melanjutkan studi di Al Azhar University hingga meraih gelar MA di tahun 1978, dan pada tahun 2005 KH Abdullah Syukri mendapat gelar Doctor Honoris Causa dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Berbagai prestasi berhasil ditorehkan KH Abdullah Syukri Zarkasyi, mulai dari pengalaman organisasi, pengalaman berada di luar negeri hingga mengeluarkan 13 karya tulis.

"Mohon doanya semoga dosanya diampuni dan amal ibadahnya diterima Allah SWT dan semoga husnul khatimah," kata Rektor Unida Gontot Prof. Amal Fathullah Zarkasy dalam siaran persnya.

BERITA TERKAIT:
KH Abdullah Syukri Zarkasyi, Pimpinan Ponpes Gontor Meninggal Dunia


tags: #pondok modern darussalam gontor #ponpes gontor #ponpes

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI