17 Kecamatan di Brebes Rawan Banjir dan Longsor

Posko yang kita buat nanti tersebar di beberapa titik. Diantaranya Posko Induk di wilayah Brebes kota.

Senin, 26 Oktober 2020 | 12:55 WIB - Ragam
Penulis: Eko S . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Brebes- Sebanyak 17 kecamatan yang masuk dalam wilayah Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, berpotensi rawan bencana banjir dan tanah longsor selama musim hujan.

Mengantisipasi datangnya ancaman bahaya tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Brebes mulai melakukan pemetaan terhadap daerah yang berpotensi bencana saat berlangsungnya musim hujan tahun ini. 

"Potensi bencana yang timbul di wilayah Brebes berbeda satu dengan lainnya. Ancaman bencana yang ditimbulkannya pun juga berbeda. Dimana, selama musim hujan wilayah Brebes bagian selatan rawan akan longsong. Sedangkan di wilayah Pantura ancaman lebih ke bencana banjir," tandas Kepala BPBD Kabupaten Brebes Ir Nursy Mansyur saat dihubungi di sela-sela Apel Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Alam yang digelar di Polres Brebes, Senin (26/10).

BERITA TERKAIT:
Bupati Brebes Dorong Masyarakat Aktif Sukseskan Vaksinasi Covid-19
Hari Ini, Bupati dan Pejabat Pemkab Brebes Divaksin
11.240 Vaksin Corona Tiba di Brebes Sore ini
Istri Jadi TKW, Pria di Brebes Cabuli Empat Anak di Bawah Umur
14 Bangunan Rusak, Tanah Gerak di Brebes Meluas
Warga Bangun Tanggul Darurat, Cisanggarung Brebes Kritis
23 Rumah di Brebes Rusak Berat karena Tanah Bergerak

Dia menambahkan, untuk puncak musim penghujan sendiri akan terjadi pada Januari mendatang. Karenanya, untuk memininalisir bencana di Brebes, pihaknya telah melakukan berbagai upaya antisipasi. Diantaranya membuat posko aduan bencana.

"Posko yang kita buat nanti tersebar di beberapa titik. Diantaranya Posko Induk di wilayah Brebes kota. Serta empat posko lainnya yakni di wilayah Bumiayu, Sirampog, Salem dan Bantarkawung (dipusatkan di Salem-red) dan satu posko di wilayah Kecamatan Kersana," paparnya.

Dia menambahkan, upaya tersebut dilakukan tidak lain sebagai antisipasi jika terjadi bencana di wilayah Kabupaten Brebes. Selain itu, pihaknya telah memberikan sosialisasi dan mitigasi bencana kepada masyarakat. 

"Dengan upaya sosialisasi dan mitigasi bencana diharapkan bisa meminimalisir warga yang menjadi korban akibat dampak bencana. Dan tentunya, kami selalu berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan instansi terkait untuk segera melaporkan jika terjadi sebuah bencana," pungkas Nursy.


tags: #kabupaten brebes #tanah longsor #bpbd

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI