Ilustrasi

Ilustrasi

Sampai November, Telah Terjadi 157 Tanah Longsor di Banjarnegara

Masyarakat agar terus meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan khususnya memasuki musim hujan.

Senin, 09 November 2020 | 16:28 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Banjarnegara- Selama periode 1 Januari hingga 9 November 2020, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara, Jawa Tengah, menginformasikan terdapat 157 peristiwa tanah longsor di wilayah itu.

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Banjarnegara Aris Sudaryanto melalui Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Budi Wahyono, Senin (9/11/2020), secara keseluruhan terjadi 214 bencana, sebanyak 157 di antaranya merupakan tanah longsor, dua bencana banjir, 24 angin kencang, dua gempa dan 29 kebakaran.

BPBD Banjarnegara, terkait hal itu kembali mengingatkan masyarakat agar terus meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan khususnya memasuki musim hujan.

"Pada saat ini intensitas curah hujan terus meningkat sehingga warga harus mewaspadai bencana hidrometeorologi seperti longsor, banjir dan angin kencang," terangnya.

Warga, lanjutnya perlu mewaspadai hujan lebat dengan durasi yang cukup panjang terutama bagi mereka yang tinggal di lokasi rawan bencana. "Terutama bagi warga yang ada di lereng agar waspada jika turun hujan dalam durasi yang lama, kami imbau untuk segera mengungsi ke tempat yang lebih aman ketika hujan deras," jelasnya.

BPBD Banjarnegara, selain itu juga mengingatkan warga untuk memotong pohon besar yang ada di sekitar pemukiman dan memangkas ranting yang membahayakan rumah atau jaringan listrik.
 

BERITA TERKAIT:
Banjarnegara Perkuat Program Desa Tangguh Bencana
Sampai November, Telah Terjadi 157 Tanah Longsor di Banjarnegara
Masuki Libur Panjang Banjarnegara dan Sekitarnya Diprediksi Hujan Lebat
BPBD Banjarnegara Intensifkan Pemantauan Wilayah Rawan Bencana
PMI Terus Sosialisasikan Protokol Kesehatan di Objek Wisata Banjarnegara
Di Banjarnegara, Tiga Orang Siswi Terlibat Prostitusi Online
Fenomena Embun Upas di Dieng Terus Dipantau BMKG Banjarnegara


tags: #kabupaten banjarnegara #telah terjadi 157 tanah longsor di banjarnegara #bpbd

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI