Pasar Kupu Dukuhturi Tegal, Foto: Istimewa

Pasar Kupu Dukuhturi Tegal, Foto: Istimewa

25 Pedagang Positif Corona, Pasar Kupu Tegal Ditutup Lagi

Hanya penyemprotan cairan disinfektan di Pasar Kupu tidak akan menekan penyebaran virus.

Rabu, 18 November 2020 | 09:13 WIB - Kesehatan
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Tegal - Pasar Kupu di Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal ditutup tiga hari lagi, mulai Rabu-Jumat (18-20/11) mendatang. Kebijakan ini menyusul 25 pedagang yang dinyatakan positif corona.

Kepala Dinas Dagkop UKM Suspriyanti melalui kepala UPTD Pasar Wilayah III Sudirman mengatakan penutupan ini menjadi kali kedua usai sebelumnya aktivitas di Pasar Kupu sempat dihentikan seminggu yang lalu.

Ia menambahkan, penutupan aktivitas pasar untuk kedua kalinyantidak bisa ditunda lagi, mengingat hasib swab ke 4 yang dilakukan di pasar tersebut menunjukkan lonjakan pedagang yang terkonfirmasi covid.

"Dari hasil swab ke-4 data yang kami dapat dari Puskesmas Kupu hasilnya ada 25 pedagang yang terkonfirmasi positip covid-19. Jadi, saat ini total ada 42 pedagang yang positif terkonfirmasi Covid-19," ungkapnya, Selasa (17/11).

Sementara itu, Kepala UPTD Puskesmas Kupu dr Mika Jaya Julistina menyebut dari rangkaian swab yang dilakukan, masih ada lima pedagang yang belum menjalani uji usap. "Kami berharap pedagang yang terkonfirmasi benar-benar menjalani isolasi mandiri agar penyebaran virus covid-19 bisa ditekan," imbuhnya.

Ia menilai penyemprotan cairan disinfektan di Pasar Kupu tidak akan menekan penyebaran virus apabila tidak dibarengi kesadaran pedagang untuk melakukan isolasi mandiri.

Selama penutupan pasar, UPTD Pasar Wilayah III akan berkoordinasi dengan Satpol PP untuk mengamankan kondisi pasar sekaligus menindak tegas pedagang yang masih nekat beraktivitas di luar pasar. Di Pasar Kupu ada sekitar 125 orang yang menempati lapak di dalam, dan puluhan pedagang lemprakan di trotoar luar pasar.

BERITA TERKAIT:
25 Pedagang Positif Corona, Pasar Kupu Tegal Ditutup Lagi


tags: #pasar kupu di kecamatan dukuhturi #kabupaten tegal #ditutup tiga hari lagi #25 pedagang yang dinyatakan positif corona

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI