Ilustrasi Tahanan

Ilustrasi Tahanan

Bunuh Gadis Remaja di Bandungan, Dicky Terancam Hukuman Mati

Pelaku nekat menghabisi nyawa korban karena sudah cukup lama memendam rasa sakit hati.

Rabu, 18 November 2020 | 15:22 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Ungaran - Jajaran Polres Semarang akhirnya membekuk tersangka pembunuh gadis remaja yang ditemukan tewas di Hotel Bandungan pada akhir pekan lalu. Pelaku berhasil ditangkap pada Senin (16/10/2020) kemarin di Kota Surabaya, ia terancam hukuman mati atau hukuman seumur hidup. 

Pelaku diketahui bernama Dicky Ramandany (19) seorang pedagang cimol keliling. 

KaPolres Semarang AKBP Ari Wibowo mengatakan, pelaku nekat menghabisi nyawa korban karena sudah cukup lama memendam rasa sakit hati. Sakit hati itu timbul gegera korban sering menghina pelaku. 

"Bentuk penghinaan itu diantaranya seperti korban sering menghina pekerjaan pelaku yang hanya sebagai penjual cimol keliling," kata AKBP Ari saat jumpa pers, di Markas Polres Semarang, Rabu (18/11/2020). 

Ada juga perlakuan korban yang sering memberi uang kepada pelaku sambil menghina. Korban sendiri sering memberi uang ke pelaku karena keduanya saling mengenal dan berhubungan dekat. 

"Keduanya saling kenal selama dua minggu sebelum korban meninggal," sambungnya. 

Kilas Balik Kejadian

AKBP Ari menuturkan, aksi nekat pembunuhan terhadap gadis remaja warga Kabupaten Demak yang terjadi pada Sabtu (14/11/2020) itu ternyata sudah direncanakan beberapa hari sebelumnya. 

Karena merasa sudah dalam puncak emosi, pelaku mengajak korban berkencan di Bandungan pada Sabtu pagi kemarin. Sesampainya di salah satu kamar hotel, pelaku langsung menghabisi nyawa korban. "Sampai di hotel pukul 08.00 WIB, mereka check-in. Sampai di dalam kamar korban langsung dibunuh dengan cara dibenturkan ke dipan hotel dan dibekap," beber Ari. 

Usai dibunuh, pelaku menggasak sejumlah barang korban seperti sepeda motor dan ponsel untuk dijual. Hasil penjualan itu selanjutnya dipergunakan pelaku untuk melarikan diri ke rumah asalnya di Surabaya Jawa Timur. Namun, pelariannya itu tak mulus. Senin malam kemarin jajaran Polres Semarang membekuk tersangka di tempat tinggalnya. 

Pelaku pun kini harus berurusan dengan hukum. Polisi bakal menjerat pelaku dengan pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana juncto 365 ayat 3 KUHP juncto pasal 80 ayat 3 pasal 76c UU RI no 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak. 

"Hukumannya bagi pelaku yakni (hukuman) mati atau penjara seumur hidup," ujar dia.

Dalam jumpa pers itu, polisi turut menunjukkan sejumlah barang bukti kepemilikan barang korban, diantaranya sepeda motor, ponsel, buku pelajaran korban, hingga uang hasil penjualan barang-barang korban.
 

BERITA TERKAIT:
Bunuh Gadis Remaja di Bandungan, Dicky Terancam Hukuman Mati


tags: #dicky ramandany #polres semarang

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI