Banjarnegara Perkuat Program Desa Tangguh Bencana

BPBD Banjarnegara menilai pentingnya pelibatan masyarakat secara langsung dalam mengantisipasi terjadinya bencana dan mengurangi dampak bencana.

Jumat, 20 November 2020 | 17:14 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Banjarnegara- Guna meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, terus memperkuat program desa tangguh bencana.

"Tujuan pembentukan Desa Tangguh Bencana adalah untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana alam, terutama yang tinggal di lokasi-lakasi rawan longsor dan banjir," ucap Kepala Pelaksana BPBD Banjarnegara Aris Sudaryanto melalui Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Budi Wahyono di Banjarnegara, Jumat (20/11/2020).

Dia mencontohkan pada tanggal 10 November 2020, BPBD Banjarnegara telah melakukan kegiatan pembentukan dan pelatihan Desa Tangguh Bencana di Desa Beji, Kecamatan Banjarmangu. "Kegiatan serupa, sebelumnya juga telah dilakukan di sejumlah desa yang ada di wilayah setempat, program ini terus diintensifkan," lanjutnya.

Sebagai salah satu upaya mendukung program mitigasi atau pengurangan risiko bencana, ia pun mengatakan Pemkab Banjarnegara, menargetkan lebih banyak lagi pembentukan desa tangguh bencana. "Target kami jumlah Desa Tangguh Bencana di wilayah ini akan terus meningkat dan terus menguat," sambungya.

Terlebih, menurutnya sejumlah wilayah di Banjarnegara merupakan wilayah rawan longsor. Sehingga, imbuhnya perlu memperkuat program yang melibatkan masyarakat, terutama yang tinggal di lokasi rawan tanah longsor.

"Program Desa Tangguh Bencana dilatarbelakangi kenyataan bahwa wilayah Kabupaten Banjarnegara rawan terjadi berbagai jenis bencana alam, terutama tanah longsor. Dengan demikian diharapkan kesiapsiagaan masyarakat terus ditumbuhkan," ungkapnya.

BPBD Banjarnegara menilai pentingnya pelibatan masyarakat secara langsung dalam mengantisipasi terjadinya bencana dan mengurangi dampak bencana. "Pelibatan masyarakat sangat penting karena masyarakat juga ikut menjadi garda terdepan dalam upaya mitigasi bencana di wilayah ini," katanya.

Masyarakat Banjarnegara, dinilai BPBD perlu mengetahui langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk mengurangi dampak risiko bencana di wilayah tempat tinggal masing-masing.

"Kesiapsiagaan menghadapi kemungkinan bencana alam sangatlah penting, karena jika terjadi bencana alam di wilayah tempat tinggal, yang pertama bergerak adalah masyarakat itu sendiri," ujarnya.

Program desa tangguh bencana, diharapkan pihaknya akan berjalan dengan baik sesuai dengan target yang diharapkan dalam rangka menyukseskan program mitigasi bencana alam.

BERITA TERKAIT:
Banjarnegara Perkuat Program Desa Tangguh Bencana


tags: #banjarnegara perkuat program desa tangguh bencana #kabupaten banjarnegara #desa tangguh bencana

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI