Beberapa peugas Satpol PP Kota Semarang saat mengamankan tiga wanita gelandangan di sekitar polder tawang, Sabtu (21/10/2020) siang [foto: Holy/KUASAKATACOM]

Beberapa peugas Satpol PP Kota Semarang saat mengamankan tiga wanita gelandangan di sekitar polder tawang, Sabtu (21/10/2020) siang [foto: Holy/KUASAKATACOM]


Gelar Razia Sterilisasi Kawasan Kota Lama

Satpol PP Kota Semarang Amankan Tiga Gelandangan dan Gerobak PKL

Razia PKL di kawasan kota lama digelar mengingat wilayah tersebut memang tidak boleh untuk berdagang. Larangan itu pun telah disosialisasikan oleh Pemkot Semarang sejak beberapa bulan lalu. 

Sabtu, 21 November 2020 | 12:40 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang - Satpol PP Kota Semarang kembali menggelar razia sterilisasi Kawasan Kota Lama dari pedagang kaki lima (PKL) dan gelandangan, pada Sabtu (21/10/2020) siang. 

Dari pantauan tim KUASAKATACOM di Lapangan, razia yang berlangsung sejak pukul 11.00 WIB hingga 11.45 WIB itu, petugas mengamankan tiga wanita gelandangan yang sedang nongkrong di dekat polder tawang. Tiga wanita itu pun diangkut petugas ke truk taktis dan selanjutnya dibawa ke Markas Satpol PP untuk pembinaan.

Ada juga petugas mengamankan satu gerobak pedagang "telur gulung". Pedagang tersebut diketahui berdagang di bahu jalan depan Kantor Asuransi Jiwasraya. Pedagang itu ketika mengetahui kedatangan petugas dari kejauhan, langsung lari terbirit birit ke arah rumah makan Pringsewu sambil membawa gerobak. Alih alih melarikan diri, namun usahanya sia sia. Sebab ia dikejar tiga petugas Satpol PP. 

Ia pun nampak terlihat lemas dan hanya bisa pasrah ketika melihat gerobak beserta peralatan memasak dan telur diangkut petugas ke truk taktis. 

Kepala Satpol PP Kota Semarang Fajar Purwoto mengatakan razia PKL di kawasan kota lama digelar mengingat wilayah tersebut memang tidak boleh untuk berdagang. Larangan itu pun telah disosialisasikan oleh Pemkot Semarang sejak beberapa bulan lalu. 

"Kita tidak perlu lagi memberikan peringatan. Karena dari dulu sudah diberi peringatan oleh lurah dan camat tapi sampai sekarang malah masih ndablek," kata Fajar.

Ia menegaskan, sebelum adanya razia ini, pihaknya pun rutin menggelar patroli di kawasan tersebut tiga hari sekali. Patroli rutin itu pun akan dilakukan secara terus menerus.

"Kalau saat patroli ada PKL, mereka langsung kami angkut," tegasnya. 

Sementara terkait diciduknya tiga wanita gelandangan, Fajar menjelaskan, karena kota lama merupakan kawasan wisata, maka kawasan tersebut harus steril dari gelandangan termasuk PKL. Hal ini untuk memberikan rasa nyaman kepada para wisatawan. 

FOTO: Beberapa petugas Satpol PP Kota Semarang saat mengamankan sebuah gerobak milik pedagang “Telur Gulung” di Kawasan Kota Lama

BERITA TERKAIT:
Video Satpol PP Kota Semarang Amankan Tiga Gelandangan dan Gerobak PKL
Satpol PP Kota Semarang Amankan Tiga Gelandangan dan Gerobak PKL


tags: #gelandangan #satpol pp kota semarang #pkl

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI