Kafilah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menjadi Juara Umum MTQ Nasional XXVIII tahun 2020. Foto: Istimewa.

Kafilah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menjadi Juara Umum MTQ Nasional XXVIII tahun 2020. Foto: Istimewa.

MTQ Nasional ke-28, Kafilah Sumbar Raih Juara Umum

Juara Umum Sumatera Barat. Peringkat kedua DKI Jakarta. Ketiga, Jawa Timur.

Sabtu, 21 November 2020 | 16:34 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Ririn

KUASAKATACOM - Kafilah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menjadi juara umum dalam Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQ) ke-28. Hasil tersebut di luar dugaan lantaran sebelumnya, Pemprov Sumbar hanya menargetkan finis di tiga besar. Dalam MTQ Nasional XXVIII tahun 2020 ini, Sumbar menempatkan wakilnya di final 23 cabang lomba.

Dalam rangkaian acara penutupan MTQ Nasional ke-28 di Masjid Raya Sumatera Barat, pada Jumat, 20 November 2020, kafilah Sumbar menjadi yang terbaik. Kemudian disusul juara dua kafilah dari DKI Jakarta dan juara tiga Jawa Timur.

Hal tersebut berdasarkan Keputusan Dewan Hakim Nomor 03/Kep.DH/MTQN XXVIII/2020 yang dibacakan Ketua Dewan Hakim pada penutupan MTQ Nasional 2020 di Masjid Raya Sumatera Barat. Di rangking 4-10 berturut-turut ditempati kontingen Jawa Barat, Kepulauan Riau, Sumatera Utara, Banten, Riau, Nusa Tenggara Barat, dan Kalimantan Barat.

juara umum Sumatera Barat. Peringkat kedua DKI Jakarta. Ketiga, Jawa Timur. Keempat, Jawa Barat. Kelima, Kepulauan Riau. Keenam, Sumatera Utara. Ketujuh, Banten. Kedelapan, Riau. Kesembilan, Nusa Tenggara Barat. Kesepuluh, Kalimantan Barat,” kata Ketua Dewan Hakim, Roem Rowi, Jumat (20/11) malam.

Menjadi tuan rumah bukan berarti pasti menjadi juara umum. Pasalnya, pada pergelaran dua tahunan MTQN 2016 di NTB dan MTQN di Sumut, juara umum justru dari kafilah provinsi lain. Seperti halnya, dalam gelaran MTQ Nasional 2016 di NTB, juara umum adalah kafilah Banten, diikuti DKI Jakarta dan Kepulauan Riau.

Kemudian pada MTQ Nasional 2018 di Sumatera Utara, DKI Jakarta keluar sebagai kampiun kompetisi khazanah Al Quran tersebut diikuti Banten dan tuan rumah Sumut. MTQ Nasional ke-28 digelar di dua kota di Sumbar yakni Padang dan Padang Pariaman. MTQ Nasional diselenggarakan sejak 12 hingga 21 November 2020 dalam situasi pandemi COVID-19.

Terkait hal tersebut,  Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno menargetkan kafilah Sumbar masuk lima besar. Namun target bergeser setelah kafilah Sumbar lolos ke final di 23 cabang lomba. Sumbar menjadi juara umum setelah memenangi sembilan cabang lomba dalam MTQ Nasional ke-28. Jumlah tersebut setelah kafilah Sumbar tembus final di 23 cabang lomba.

“Pengennya bisa menjadi juara umum. Meskipun tak meraih juara umum, tapi optimis kafilah Sumbar masuk tiga besar,” pungkasnya.

BERITA TERKAIT:
MTQ Nasional ke-28, Kafilah Sumbar Raih Juara Umum


tags: #kafilah provinsi sumatera barat #mtq nasional ke-28 di masjid raya sumatera barat #juara umum #mtq nasional ke-28 #kafilah sumbar raih juara umum

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI