Ilustrasi

Ilustrasi

Seorang Penumpang Autis, Dikeluarkan dari Pesawat karena Tak Kenakan Masker

Anak-anak di bawah usia 2 tahun, mendapat toleransi dari Southwest Airlines untuk tidak memakai masker di pesawat namun tidak demikian dengan penumpang disabilitas.

Sabtu, 21 November 2020 | 19:32 WIB - Kesehatan
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, San Jose- Seorang kepala keluarga dari Oregon melakukan protes, karena putrinya yang mengalami autis dikeluarkan petugas dari penerbangan Southwest Airlines ke Texas. Putrinya itu dikeluarkan dari pesawat, karena tidak memakai masker di pesawat.

Kejadian tersebut terjadi pekan ini, menimpa keluarga Cleary yang terbang dari Portland, Oregon, ke San Jose, California. Pengalaman kurang menyenangkan itu, mereka dapatkan setelah kru meminta Mya (putri keluarga itu) yang berusia 15 tahun untuk mengenakan masker atau dikeluarkan dari pesawat.

Mya, seperti dilaporkan KNTV memiliki autisme dan kepekaan sensorik yang tidak dapat memakai masker dalam waktu panjang. "Dia benar-benar kesal, menangis, padahal awalnya dia sangat bersemangat untuk perjalanan dan traveling itu," ucap ayah Mya, Tim Cleary, kepada KNTV dan dikutip Daily Mail.

Kondisi Mya itu, telah dijelaskan Cleary kepada kru Southwest. Meski begitu, pihak kru kabin maskapai itu bersikeras bahwa Mya harus mengenakan masker sesuai dengan pedoman perusahaan mereka untuk mencegah penularan virus Corona.

Petugas itu pun meminta Mya dan ibunya, Jennifer Tharpe, untuk meninggalkan pesawat itu. Sementara itu, anggota keluarga yang lain masih bisa melanjutkan perjalanan ke San Jose. "Ini bukan karena kami memprotes penggunaan masker atau apapun," kata Tharpe.

Tharpe menambahkan penggunaan masker pada Mya bakal meningkatkan disabilitasnya. "Putri saya tidak bisa memakai masker dan saya rasa seharusnya, dan semestinya, ada pengecualian kepada orang-orang yang tidak bisa memenuhi peraturan itu," bebernya.

Adanya insiden itu, kata Tharpe, membuat pilot pesawat itu menunjukkan sikap menyesalnya, tapi ofisial senior bersikukuh dia dan putrinya tidak bisa terbang tanpa masker.

Southwest Airlines seperti maskapai lain, juga menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan virus Corona saat pandemi ini. Salah satunya, meminta penumpang memakai masker sejak di bandara, mulai dari check in, boarding, kemudian memakai masker di pesawat saat terbang, serta klaim bagasi.

Anak-anak di bawah usia 2 tahun, mendapat toleransi dari Southwest Airlines untuk tidak memakai masker di pesawat namun tidak demikian dengan penumpang disabilitas.

"Jika pelanggan tidak bisa memakai masker penutup wajah dengan segala alasan, termasuk kondisi medis, kami menyesal tidak dapat menerbangkan pelanggan saat ini. Itu demi alasan keselamatan risiko tidak bergejala transmisi COVID-19 oleh penumpang yang tidak memakai masker." Begitulah keterangan yang diberikan maskapai.

"Dengan kata lain, karena pedoman kesehatan menyebut sangat pentingnya memakai masker untuk mencegah transmisi COVID-19, Southwest untuk sementara waktu menolak menerbangkan penumpang yang tidak bisa memakai masker kendati penumpang itu memiliki kondisi medis yang membuat mereka tidak bisa memakai masker," tutup keterangan maskapai itu.

BERITA TERKAIT:
Seorang Penumpang Autis, Dikeluarkan dari Pesawat karena Tak Kenakan Masker


tags: #dikeluarkan dari pesawat karena tak kenakan masker #seorang penumpang autis #protokol kesehatan #amerika serikat

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI