Kendaraan parkir sembarangan di jalur sepeda Jalan Kartini Jepara, Foto: Istimewa

Kendaraan parkir sembarangan di jalur sepeda Jalan Kartini Jepara, Foto: Istimewa

Jalur Sepeda di Jepara Malah Jadi Tempat Parkir

Kepala Dinas Perhubungan Jepara Deni Hendarko mengatakan pihaknya akan mengintensifkan sosialisasi kepada masyarakat.

Kamis, 26 November 2020 | 12:53 WIB - Ragam
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, JeparaKabupaten Jepara kini memiliki jalur sepeda sepanjang 500 meter mulai dari Tugu Kartini sampai Tugu Pancasila. Sayangnya jalur khusus pesepeda malah menjadi tempat parkir kendaraan. Seperti di depan Dinas Kesehatan Jepara, minimarket, dan tempat-tempat usaha di sepanjang jalan itu.

Jalur sepeda selebar dua meter itu masing-masing berada di lajur kanan dan kiri. Namun hanya diberi marka dan tanda gambar sepeda karena rambu khusus bersepeda belum ada. Warna pembeda antara jalan kendaraan bermotor dan jalur bersepeda pun belum ada.

Pegiat sepeda yang juga anggota DPRD Jateng Andang Wahyu Triyanto menyayangkan penggunaan jalur pesepeda jadi tempat parkir. Di sisi lain pihaknya mengapresiasi pemerintah dengan membuatkan jalur bersepeda.  Namun masih butuh kajian dan sosialisasi yang menyeluruh. ”Kami sebagai pegiat bersepeda terima kasih ada jalur sepeda di Jepara. Tapi apakah lokasinya cocok atau tidak? Makanya butuh perencanaan yang matang,” ungkapnya, Kamis (26/11).

BERITA TERKAIT:
Pramuka Harus Inovatif Jika Ingin Diminati Generasi Milenial
Kunjungan Wisata ke Karimunjawa Menurun
Jepara Juara Dua Lomba HKG PKK Bangga Kencana Kesehatan Tingkat Propinsi
Agar Bisa Dipantau, Kapal Nelayan Jepara Diminta untuk Melengkapi Alat Komunikasi
Viral, Pernikahan di Jepara Pakai Mahar Honda HRV
Polres: Penyalahgunaan Narkoba Dominasi Tindak Kejahatan di Jepara
Beberapa Kali Gempa, Jepara Kini Miliki Alat Deteksi Gempa

Ia menilai apabila kondisi jalan minim lahan parkir, seharusnya jalur sepeda bisa ditempatkan di jalan lain. Hal itu buntut dari tidak dilibatkannya pegiat sepeda untuk diskusi sebelum pembuatan jalur. Sehingga program yang telah dibuat tidak sesuai dengan kondisi di lapangan. ”Masih butuh rambu dilarang parkir, jalur khusus bersepeda, kurangnya sosialisasi, dan tindakan penertiban,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Jepara Deni Hendarko mengatakan pihaknya akan mengintensifkan sosialisasi kepada masyarakat. ”Bahwa di Jepara sudah ada jalur bersepeda. Untuk itu tidak bisa parkir sembarangan di jalur khusus itu,” pungkasnya. 


tags: #kabupaten jepara # jalur khusus pesepeda malah menjadi tempat parkir

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI