Ilustrasi Gunung Merapi. Foto: Istimewa.

Ilustrasi Gunung Merapi. Foto: Istimewa.

Warga Sidorejo Klaten Belum Mengungsi, Meski Merapi Terus Bergejolak

Pihak kepolisian sudah melakukan pendekatan secara persuasif ke warga Sidorejo.

Minggu, 29 November 2020 | 23:59 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Ririn

KUASAKATACOM, Klaten - Warga desa yang termasuk dalam kawasan rawan bencana (bencana) III letusan Gunung Merapi sudah diminta untuk mengungsi. Kendati demikian, masih ada satu desa yang belum bersedia untuk mengungsi, yakni warga Desa Sidorejo. Padahal, terpantau, kondisi Gunung Merapi masih bergejolak hingga, Minggu (29/11/2020).

Terkait hal tersebut, Kades Sidorejo Gatot Winarso membenarkan warganya di KRB III Merapi belum turun. Ia menyebut, saat ini pihaknya bersama Pemkab Klaten masih melakukan pendekatan kepada warga secara persuasif. "Warga kami di KRB III Merapi sampai saat ini belum mengungsi, untuk alasan lebih jelasnya  bisa tanyakan langsung ke warga saja," tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris BPBD Klaten, Nurcahyo menerangkan bahwa hingga saat ini masih ada warga di satu desa yang belum mau untuk mengungsi. Nurcahyo mengaku, pihaknya sudah melakukan pendekatan secara persuasif ke warga Sidorejo.

BERITA TERKAIT:
Warga Sidorejo Klaten Belum Mengungsi, Meski Merapi Terus Bergejolak

"Untuk sementara, warga Desa Sidorejo belum melakukan evakuasi diri, dan kami saat ini sedang lakukan pendekatan ke warga dengan cara mengajak," jawab Nur, Minggu (29/11/2020).

Di sisi lain, sudah ada dua desa yang bersedia untuk diungsikan, yakni Desa Tegalmulyo dan Desa Balerante. Warga kedua desa tersebut mengungsi di masing-masing Tempat Evakuasi Sementara (TES).

Selain itu, kondisi warga Desa Tegalmulyo dan Desa Balerante yang mengungsi di TES terpantau sehat. "Kondisi pengungsi Merapi di Kedua desa saat ini terpantau dalam kondisi sehat, " pugkasnya.


tags: #krb iii #kondisi gunung merapi #warga sidorejo klaten masih belum mengungsi

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI