Ilustrasi banjir, Foto: Istimewa

Ilustrasi banjir, Foto: Istimewa

Sungai Logeni Meluap, Puluhan Rumah di Desa Wotgalih Tegal Banjir

Harapannya Sungai Logeni segera dinormalisasi agar tidak meluap setiap tahun akibat banjir.

Kamis, 03 Desember 2020 | 19:15 WIB - Ragam
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Tegal - Desa Wotgalih Kecamatan Jatinegara Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal diguyur hujan lebat sejak pukul 18.30 WIB. Akibatnya Sungai Logeni meluap dan masuk ke rumah warga.

Kepala Desa Wotgalih Warji mengatakan, hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Jatinegara terjadi Rabu (2/12) pukul 18.30-20.30 WIB. Sehingga Sungai Logeni dan Sungai Capar meluap masuk ke permukiman warga. Warga yang sedang berada di dalam rumah langsung keluar.

"Luapan Sungai Logeni masuk ke permukiman di RT 01 RW 03, RT 01 RW 04 dan RT 01 RW 05. Warga yang rumahnya kemasukan air langsung menyelamatkan barang yang berharga," ungkapnya, Kamis (3/12).

BERITA TERKAIT:
Pemotor di Tegal Tewas Diserempet Truk
PMT Tegal Launching Delapan Buku Karya Sastra Indonesia
Pelajar Muhammadiyah Kabupaten Tegal Lakukan Penggalangan Dana
Petani di Tegal Susah Dapat Pupuk Bersubsidi
MTs Muhammadiyah Dukuhturi Kab Tegal Adakan Lomba Baca dan Cipta Puisi Virtual
Salah Hitung, Jatah Vaksin Corona untuk Nakes di Tegal Berkurang
Warga Tarub Tegal Usulkan Ada SMA Negeri

Luapan Sungai Logeni di RT 01 RW 03, kata dia, bukan saja masuk ke rumah warga. Namun, juga masuk di SD Negeri Wotgalih I. Akibatnya ruang kelas dan perpustakaan terendam banjir. Sedangkan di RT 01 RW 04, luapan Sungai Logeni hanya masuk ke rumah penduduk. Adapun di RT 01 RW 05, luapan Sungai Logeni selain masuk ke Gedung PAUD dan BUMDes, luapan air sungai juga masuk ke rumah warga.

"Saya bersama perangkat dan ketua RT serta warga sudah mengecek. Saat ini kami sedang mendata kerusakan akibat luapan Sungai Logeni," imbuhnya.

Bencana banjir akibat luapan Sungai Logeni, lanjut Warji, sudah sering terjadi setiap tahunnya. Untuk itu, dirinya berharap agar Sungai Logeni segera dinormalisasi. Karena setiap musim penghujan, luapan selalu masuk dalam pemukiman warga. Untuk itu, pada Pemkab Tegal untuk bisa meneruskan aspirasi masyarakat Desa Wotgalih ke provinsi. Agar masyarakat Desa Wotgalih tidak menjadi langganan banjir setiap turun hujan.


tags: #kabupaten tegal #sungai logeni meluap

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI