Ilustrasi kekerasan seksual

Ilustrasi kekerasan seksual

LBH Apik Semarang Desak Pemerintah Pusat Sahkan RUU PKS

Direktur LBH Apik Semarang Raden Rara Ayu Herawati Sasongko mengatakan hal itu diperlukan karena korban kekerasan seksual terkadang malu melaporkan kasusnya ke pihak kepolisian karena merasa tidak punya akses pemulihan psikologis.

Kamis, 03 Desember 2020 | 14:02 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang - Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Apik Semarang mendesak pemerintah pusat agar segera mengesahkan Rancangan Undang Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS). Sebab hal itu salah satunya bisa membantu korban kekerasan seksual menghilangkan rasa trauma. 

Direktur LBH Apik Semarang Raden Rara Ayu Herawati Sasongko mengatakan hal itu diperlukan karena korban kekerasan seksual terkadang malu melaporkan kasusnya ke pihak kepolisian karena merasa tidak punya akses pemulihan psikologis. Ia khawatir, apabila rasa trauma korban tidak dihilangkan, bisa saja korban berubah jadi pelaku kekerasan seksual.

"Ini bisa saja terjadi karena korban akan begitu ingat bahwa kasus pahit yang dialaminya seolah dibiarkan begitu saja tanpa ada perhatian dari pihak terkait," kata Ayu, Kamis (3/12/2020).

Ia menambahkan, desakan kepada pemerintah pusat agar segera mengesahkan RUU PKS juga karena kondisi kekerasan seksual yang terjadi dianggap sudah sangat mengkhawatirkan. 

Pihaknya mencatat, Secara keseluruhan pihaknya telah menangani 82 kasus.

"Untuk kekerasan seksual ada 35 kasus, (sisanya) ada juga KDRT dan kekerasan seksual kepada anak," imbuh dia. 

Di sisi lain, ia memembeberkan, dari proses penanganan hukum yang sudah dilakukan LRC-KJHAM, kasus kekerasan terhadap perempuan sekitar 154 kasus. Yang mendominasi munculnya 81 kasus perbudakan seksual, 26 KDRT, 23 kasus perkosaan, 16 kasus pelecehan seksual, sisanya kekerasan dalam pacaran dan human trafiking. Ditilik usianha, para korbannya merupakan wanita dewasa sejumlah 89 atau 55,7 persen.

BERITA TERKAIT:
LBH Apik Semarang Desak Pemerintah Pusat Sahkan RUU PKS
Cemas Foto Vulgar Disebarluaskan, 10 Wanita Laporkan Kekasihnya ke LBH Apik Terkait Pemaksaan Hubungan Seks


tags: #lbh apik semarang

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI